Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ada hal yang menarik saat LKBN Antara memberikan penghargaan kepada seluruh Kepala Daerah Se-Kalsel, Plt Bupati HST H A Chairansyah yang menerima penghargaan peduli lingkungan dengan poster Chairansyah Sang Penjaga Meratus mendapatkan ucapan selamat dari kepala daerah lainnya dan mengatakan beliau sebagai Mbah Marijan Meratus, Rabu (9/1) di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Hal itu disampaikan Chairansyah saat diwawancarai para wartawan usai acara berlangsung dan sambil bercanda dia mengatakan bahwa dibilang oleh kepala daerah lainnya sebagai Mbah Marijan Meratus.

Raden Ngabehi Surakso Hargo atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Marijan sendiri adalah seorang juru kunci penjaga Gunung Merapi. Amanah sebagai juru kunci ini diperoleh dari Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Setiap gunung Merapi akan meletus, warga setempat selalu menunggu komando darinya untuk mengungsi.

"Sebenarnya kita hanya menjalankan amanah RPJP Pemkab HST dengan pembangunan berwawasan lingkungan," kata Chairansyah.

Jadi menurutnya, kebijakan pemerintahan di HST tidak akan melakukan hal-hal yang merusak alam seperti ekploitasi batu bara dan perkebunan sawit.

"Kebijakan itu selama ini mendapat dukungan warga Bumi Murakata dan tidak ada tekanan dari manapun," kata Plt Bupati.

Penghargaan kepala Plt Bupati HST itu diserahkan langsung oleh Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat yang saat itu menyampaiakan bahwa kepala daerah layak mendapatkan penghargaan atas kerja kerasnya selama ini memajukan daerah masing-masing dengan kebijakan yang berbeda-beda dan memberikan perubahan serta inspirasi bagi rakyat yang dipimpinnya.

"Saya pun yakin kepala daerah bekerja bukan mengharapkan penghargaan karena yang dilakukan pengabdian. Namun begitu, setiap program unggulan yang menginspirasi layak diganjar apresiasi tinggi dan Antara sebagai kantor berita negara yang bertugas menyebarluaskan informasi punya harapan besar daerah ini bisa terus maju," katanya.

Baca juga: LKBN Antara berikan penghargaan kepada Plt Bupati HST yang peduli Meratus
Baca juga: DPRD HST keluarkan surat usulan pemberhentian Wabup HST
Baca juga: SK Kemendagri terbit, Chairansyah segera definitif menjadi Bupati HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019