Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry membuka secara resmi jalannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten HSS (Musrembang RPJMD) Tahun 2018-2023, bertempat di Pendopo Kabupaten setempat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) HSS Iwan Friady, di Kandangan, Selasa (8/1), mengatakan musrembang kali ini merupakan rangkaian dari beberapa tahap pembahasan yang sudah dilaksanakan, semenjak pelantikan Bupati & Wakil Bupati HSS terpilih.

"Tahapan yang sudah dilaui antaralain, Forum Diskusi Publik, kesepakatan dengan DPRD HSS, penyampaian rancangan awal ke Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), penyampaian ke Kementerian Dalam Negeri, penyusunan RPJMD dan kali ini pembahasan di Musrembang," katanya.

Musrembang RPJMD Tahun 2018-2023 Pemkab HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Musrenbang Kabupaten HSS Prioritaskan Pembangunan Pelayanan Dasar

Dijelaskan dia, untuk tahapan ini harus dilalui dalam rangka memantapkan arah dan strategi pembangunan lima tahun mendatang supaya sesuai dengan visi dan misi yang telah dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati HSS Terpilih 2018-2023, H Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad.

Bupati HSS. H Achmad Fikry, mengatakan agar Musrembang bisa menghasilkan masukan-masukan yang nantinya benar-benar bermanfaat, dan sesuai dengan yang diharapkan. 

"Saya ingin RPJMD ini nanti sesuai antara perencanaan dan pelaksanaan di lapangan, selaras dengan visi misi yang telah ditetapkan dan tidak boleh ada kegiatan lain di luar RPJMD yang masuk di tengah jalan sesuai kesepakatan, terkecuali yang sifatnya darurat atau bencana," katanya, saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Tak Lupa, ia juga berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalsel yang telah membantu, dan berharap tetap bisa mengawal serta membimbing pelaksanaan RPJMD HSS ini ke depannya.

RPJMD HSS sudah disusun dengan melakukan empat pendekatan utama, yakni pendekatan politik, pendekatan teknokratik, pendekatan partisipatif dan pendekatan atas bawah atau bawah atas.

Musrembang RPJMD Tahun 2018-2023 Pemkab HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Musrenbang Daha Barat Tetapkan Skala Prioritas Usulan

Ditambahkan dia, penyusunan nya juga berdasarkan beberapa pengkajian sebelumnya dengan mengacu kepada indikator kinerja utama, yakni  Indeks Pembangunan Manusia (IPM), laju pertumbuhan ekonomi, indeks reformasi birokrasi serta tingkat kemiskinan.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  para kepala bagian, anggota DPRD HSS, unsur Forkopimda HSS, instansi vertikal, para camat, pewakilan BUMN dan BUMD, tokoh masyarakat dan pelajar serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019