Barabai, (Antaranews Kalsel) - Budidaya ikan air tawar dan pembenihan ikan betok atau pepuyu terus dimantapkan di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Pemantapan itu dilakukan dengan pelatihan yang dilakukan oleh Pemkab HST melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan yang bekerjasama dengan Kantor Perwakilan BI provinsi Kalsel di Desa Binjai Pirua, Senin (25/9).

Kabid Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten HST Adriani Razak menyampaikan pelatihan itu diikuti oleh Pokdakan Harapan Maju Desa Binjai Pirua, Pokdakan Harapan Jaya Desa Samhurang, Pokdakan Harapan Bersama Desa Samhurang.

Berikutnya yaitu Pokdakan Panggang Kuning dan Pokdakan Mufakat dari Desa Mahang Baru serta PPL Perikanan yang jumlah seluruhnya diikuti sebanyak 48 peserta.

Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Pokdakan peserta klaster budidaya ikan lokal, penguatan kelembagaan dan mendukung program perikanan budidaya yang sudah menjadi program Pemkab HST.

Plt Bupati HST A Chairansyah menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan yang tentunya kerjasama ini sangat sinergi dengan program Pemda yang salah satunya adalah untuk mewujudkan HST sebagai sentra Budidaya ikan Lokal/kampung seperti pepuyu, haruan atau gabus, ikan tauman dan Ikan lainya.

"Semoga pelatihan ini memberikan banyak manfaat, pengetahuan dan keterampilan serta juga merupakan tindak lanjut guna mempercepat alih teknologi kepada para pembudidaya ikan," katanya.

Dia berharap para Pokdakan sebagai peserta klaster budidaya ikan lokal di HST akan terus berkembang dan terus maju.

Baca juga: Oknum Kepala Desa di HST terlibat kasus penganiyaan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018