Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten HSS menggelar Penanaman Hijauan Pakan Ternak (HPT) dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry.

Kabid Peternakan, Distan HSS, Abdullah Faridi, di Hariti Kamis, mengatakan, HPT ini sekaligus pembukaan lahan, yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten HSS tahun 2017.

"Tujuan pembukaan lahan dan penanaman HPT ini, dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat, yaitu Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting atau lebih dikenal dengan singkatan Upsus Siwab," katanya.

Dijelaskan dia, Kabupaten HSS akan menerima bantuan 100 ekor ternak sapi impor Brahman Cross, yang pada tahap pertama akan diserahkan 50 ekor.

Untuk lahan yang baru dibuka seluas 12 hektar, dan ditanami HPT berupa Rumputan BH Tully seluas tujuh hektar, rumput king grass seluas 2,5 hektar, rumput gajah mini (Gajah Odot) seluas1,5 hektar dan HPT jenis Indigovera seluas satu hektar.

Sedangkan keseluruhan lahan yang ada saat ini di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pembibitan dan Perawatan Ternak, seluas 23 hektar.

Menurut dia, sapi yang ada sebanyak 24 ekor, terdiri dari sapi Bali, sapi brangus, limousin dan simmental. dan untuk kandang sapi, dapat menampung kurang lebih 200 ekor Sapi Bali.

"Untuk lahan yang sudah berproduksi kurang lebih seluas 4,5 Ha, dengan delapa orang petugas, terdiri dari dua orang PNS dan 6 orang tenaga kontrak, diharapkan dengan adanya penambahan sapi akan ada pula penambahan petugas,"katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry,  mengatakan, jenis sapi impor Brahman Cross, nantinya diharapkan bisa dikembangbiakkan dengan jenis lainnya, sehingga mampu menghasilkan jenis lain yang lebih unggul.

"Semoga kita bisa jadi daerah swasembada untuk persediaan daging dan tugas ke depan nanti adalah bagaimana Pemkab HSS melalui pihak terkait, mengalihkan perawatan sapi tersebut ke masyarakat,"katanya, saat memberikan sambutan dalam kegiatan HPT di UPT Pembibitan dan Perawatan Ternak, Desa Hariti, Kecamatan Sungai Raya, Kamis (7/12).

Ditambahkan dia, agar pihak terkait mampu menerima bantuan ternak sapi dengan baik serta merawat, memelihara dan mengembangbiakkannya.

Turut hadir, Kepala Distan HSS H Fathurrahman beserta jajaran, Perwakilan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, para kepala SKPD terkait, serta Camat Sungai Raya, Susilo Adianto.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017