Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) HSS menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemadam Kebakaran (Damkar) bagi relawan pemadam kebakaran se Kabupaten HSS.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSS, H Ardiansyah, di Kandangan, Senin (14/5), mengatakan agar seluruh relawan dalam bertugas tetap menjunung tinggi keselamatan diri dan orang lain.

“Tugas kalian itu memiliki resiko yang sangat besar dan mengandung banyak ancaman, sehingga ketika melaksanakan tugas sebagai relawan BPK/PMK harus senantiasa berhati-hati,”katanya, saat memberikan sambutan dan membuka Bimtek, bertempat di Aula Wakil Bupati HSS.

Dijelaskan dia, dengan keterbatasan fasilitas dan peralatan pemadam kebakaran, para relawan BPK/PMK agar tetap semangat dalam membantu dan melayani masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran.

Baca juga: Satpol PP dan Satlinmas HSS kawal Pilkada

Selain itu, diharapkan dia para relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) atau Pemadam Kebakaran (PMK), selain membantu masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran, juga ikut andil dalam membantu masyarakat yang tertimpa musibah kebanjiran dan lainnya.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih  kepada para relawan BPK/PMK yang 24 jam bertugas, menjaga dan selalu memantau kondisi situasi, ketika terjadi kebakaran di Kabupaten HSS selalu siap siaga menangani musibah kebakaran.

Sekretaris Dinas Satpol PP HSS, Hamrani, mengatakan kebakaran menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten atau kota.

Baca juga: HSS Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

"Oleh karena itu urusan kebakaran menjadi strategis dan prioritas dalam perencanaan dan anggaran pemerintah daerah, sebagai perwujudan menjamin kehadiran pemerintah daerah di dalam melayani penderitaan rakyat akibat bencana dan musibah kebakaran,"katanya.

Ditambahkan dia, untuk bimtek pemadam kebakaran ini dilaksanakan selama satu hari, dengan peserta sebanyak 50 orang terdiri dari relawan Damkar yang tergabung dalam BPK/PMK di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018