Rantau, (Antaranews Kalsel) - Siswa Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Ramajaya, Kecamatan Binuang di ajarakan keterampilan membatik teknik tulis.

Saat di kunjungi wartawan Antaranews ke sekolah yang beralamat jalan Lambung Mangkurat Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, terlihat beberapa siswa serius mengikuti pelajaran keterampilan membatik.

Kepala Sekolah SMPLB Ramajaya, Solikin mengatakan, siswa di SMPLB tersebut lebih banyak di ajarkan keterampilan, seperti membatik, IT, tataboga, bermain musik, dan kecantikan.

"Disekolah kita ini hampir 70 persen mengajarkan keterampilan, dan untuk membatik ini sudah berjalan sekitar dua bulan," ujarnya.

Dikatakannya, diajarkannya keterampilan tersebut bertujuan sebagai bekal mereka untuk berwirausaha setelah lulus sekolah nanti.

"Kita harap dengan keterampilan yang kita ajarkan ini bisa membuat mereka berwirausaha nanti setelah lulus sekolah," ujar Kepsek.

Dalam hal membatik tersebut, para siswa SMPLB Ramajaya di ajarkan dari pembuatan pola hingga melakukan pembatikannya sendiri hingga ke pewarnaannya.

Saufi, salah satu siswa SMPLB Ramajaya mengaku sangat senang biasa belajar membatik di tempatnya menimba ilmu tersebut.

"Tidak terlalu sulit membatik ini, cuma perlu kesabaran dan ketelitian," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018