Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 33 orang anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan  dilantik Ketua Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Hulu Sungai Selatan Syaiful Rahman.

Syaiful Rahman, di Kandangan, Senin (30/11), mengatakan, Paswascam yang diambil sumpah dan dilantik  akan mengawasi semua tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati  dan Wakil Bupati HSS tahun 2018.

"Diharapkan anggota Panwascam yang dilantik dapat melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan, dan melaksanakan pengawasan sesuai dengan asas-asas pemilu,"katanya.

Dijelaskan dia, selain pengawasan tahapan pilkada, juga melakukan pengawasan tahapan pemilihan legislatif tahun 2019, agar pemilu bisa terlaksana dengan Langsung Umur Bebas dan Rahasi (Luber).

Sebelum melaksanakan tugas, anggota panwascam akan diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama dua hari, dan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, agar pelaksanaan tugas bisa berjalan dengan lancar.

Ia meminta, panwascam tidak ikut campur dalam keuangan bendahara, tetapi harus fokus dengan penindakan dan pengawasan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Iwas Setiawan, mengatakan, setelah paswascam dilantik, maka sudah melekat tugas pengawas pemilu pada 2018-2019.

"Jadi laksanakan amanah secara bertanggungjawab, dan berkerjasama dengan panwaslu dan pihak kecamatan,"katanya.

Bupati HSS Achmad Fikry, meminta kepada paswascam bisa melaksanakan sesuai dengan standar pemilu yang berlaku, saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelantikan Panwascam di Gedung Pramuka, Kandangan, Senin (30/10) pagi.

Ia mengatakan, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS akan memfasilitasi kegiatan pemilu, sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Penyiapan tempat untuk penyelenggaraan pemilu kecamatan diintruksikan kepada para camat se-Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017