Rantau, (Antaranews Kalsel) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)  Ratna Ellyani Arifin Arpan mengingatkan agar ibu hamil   memanfaatkan fasilitas kesehatan pemerintah dengan mendatangi bidan desa.

Hal tersebut disampaikan Ratna saat menghadiri Lomba Menu Olahan Berbahan Ikan di Pendopo Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin yang diikuti oleh kader PKK se Kecamatan, Kamis (24/8).

"Buat ibu-ibu yang lagi hamil, atau punya keluarga atau tetangga yang lagi hamil agar bisa menyarankan untuk rutin ke fasilitas kesehatan seperti Puskesmas atau bidan desa untuk melakukan pemeriksaan hingga melahirkan," ujar Ratna.

Dijelaskan Ratna, bahwa peran bidan desa sangat penting bagi ibu-ibu hamil, yakni sebagai pengawas saat ibu hamil, memberikan pembinaan, guna meningkatkan gizi ibu hamil dan menyusui, pengawasan dalam imunisasi ibu hamil dan bayi.

Selain itu, bidan desa bisa meningkatkan sistem rujukan untuk mengantisipasi hal terburuk pada ibu hamil dan si bayi, membantu dalam meningkatkan kesehatan lingkungan.

"Tidak usah ragu untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dan melahirkan ke bidan desa," ujar Ratna.

Dikatakan Ratna, bahwa, ia sudah memberikan arah kepada seluruh Kader PKK dan Kader Posyandu se Kabupaten Tapin untuk terus mensosialisasikan dan pendampingan kepada masyarakat agar mau melakukan pemeriksaan kehamilan dan melahirkan ke Bidan Desa.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017