Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, diwakili Asisten II Joni Anwar secara simbolis melepas rombongan calon jamaah haji asal Kotabaru tahun 1438 H yang berjumlah 188 orang di Masjid Raya Khusnul Khatimah, yang akan masuk ke asrama haji di Banjarbaru, Minggu (6/8).
     
Bupati H Sayed Jafar dalam sambutannya yang dibacakan Joni Anwar dikatakan, keberangkatan jamaah calon haji dari tempat tinggal saat ini adalah awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji yang merupakan perjalanan spiritual yang diperintahkan Allah SWT.
     
Menurutnya, kewajiban tersebut ditujukan bagi ummat Islam yang mampu secara fisik dan mental.
     
Oleh karenanya manfaatkanlah kesempatan yang sangat terbatas ini, karena jumlah umat Islam yang berkeinginan berangkat ke tanah suci lebih besar dari quota yang ditetapkan.
     
"Untuk itu, para jamaah calon haji yang akan berangkat patut bersyukur kepada Allah SWT karena merupakan orang-orang terpilih dan beruntung. Perbanyaklah berdoa di tempat-tempat yang telah ditentukan sebagai tempat maqbulnya doa," pesan bupati.
     
Diungkapkan bupati, ibadah haji yang akan dilaksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara.
     
"Harapan dan doa saya semoga bapak ibu saudara menjadi haji yang mabrur. Karena nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial," katanya.
     
Pada kesempatan itu, bupati juga berpesan kepada para jamaah calon haji hendaknya untuk selalu menjaga kesehatan karena cuaca di mekkah berbeda dengan Kotabaru.
     
Selaian itu, bupati juga mengingatkan agar jamaah selalu menaati peraturan, jalankan rukun dan sunnah dengan sebaik-baiknya, jagalah persatuan dan kesatuan antar sesama jamaah calon haji asal Indonesia serta menaati peraturan yang berlaku di arab saudi agar nama baik negara pada umumnya dan secara khusus daerah selalu baik dinilai negara luar.
     
Kalau ada permasalahan, kesulitan atau kendala yang dihadapi selama melaksanakan ibadah haji, maka koordinasikanlah dengan petugas dan jangan malu untuk minta tolong dan bertanya.
     
"Secara khusus saya berpesan kepada seluruh petugas haji untuk dapat menjalankan semua tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," katanya.


Pewarta: Humas/shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017