Sejumlah fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan menyarankan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diarahkan ke pembangunan infrastruktur.


Saran fraksi-fraksi DPRD tersebut disampaikan saat pandangan umum Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2012 dalam sidang Paripurna yang berlangsung di gedung DPRD setempat, Batulicin, Jumat.


Dalam paripurna tersebut sebagian besar menyarankan agar APBD  tersebut penggunaanya lebih dimaksimalkan untuk sarana infratruktur dan pembangunan ekonomi baik mikro maupun makro dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Rencana APBD harus mampu meningkatkan pembangunan infrastruktur. Termasuk sektor riil dalam bidang ekonomi melalui pendekatan ekonomi mikro dan ekonomi makro," kata juru bicara fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), H Aziz Muslim, dalam pari purna tersebut.


Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), H Bahsanudin. Agenda pembangunan infrastruktur 2012 harus lebih dutamankan melalui pelaksanaan APBD tersebut.


Rancangan APBD dianggap implementasi yang menggambarkan arah dan tujuan pembangunan daerah. Dengan begitu kesejateraan masyarakat bisa terwujud jika perencanaan dan pelaksanaan APBD diterapkan secara baik.


Daerah Tanah Bumbu, katanya, patut disyukuri bersama karena telah memiliki sumber daya alam cukup melimpah mulai sektor pertambangan, sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kelautan.


Termasuk sektor lain berupa pajak retribusi dan pajak sarang burung walet yang semuanya itu mesti digali secara maksimal  oleh pihak pemerintah sebagai sumber Pendatan Asli Daerah (PAD) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pengalaman 2010, katanya,  pengelolaan sumber daya lama sebagai sumber PAD belum berjalan maksimal. Untuk itu pihak pemerintah diharapkan bersama-sama dapat membenahi sitem pengelolaan tersebut melalui tahap perencanaan dan palaksanaan APBD 2012 yang akan berlansgung.  


"Marilah kita benahi pengelolaan APBD agar sistem perencanaan dan pelaksanaanya lebih baik. Sehingga pembangunan sarana infrastruktur bisa tuntas 2013," katanya./yanto*C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011