Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan membentuk delapan fraksi yang merupakan kepanjangan tangan partai politik peraih kursi di lembaga legislatif di kota setempat.
 
Pengumuman pembentukan fraksi di DPRD itu dilakukan melalui rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD sementara Gusti Rizky Sukma Iskandar Putera dihadiri seluruh anggota DPRD di Banjarbaru, Senin.
 
"Hari ini kami menggelar rapat paripurna pembentukan delapan fraksi yang menjadi kepanjangan tangan partai politik di DPRD. Semua sudah disepakati bersama," ujar Rizky usai rapat paripurna.
 
Menurut Rizky, sebelumnya fraksi yang ada di DPRD berjumlah tujuh fraksi dan ada penambahan fraksi yakni Fraksi Demokrat yang diisi tiga anggota DPRD dan satu fraksi lain merupakan fraksi gabungan.
 
Rizky menyebutkan, enam fraksi merupakan fraksi yang terbentuk di DPRD Banjarbaru periode 2019- 2024 terdiri dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), dan Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).
 
Kemudian, Fraksi PDIP, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Demokrat dan satu fraksi gabungan yakni PAN-PKS.
 
"Pembentukan fraksi memenuhi syarat sehingga disepakati bersama sehingga setiap fraksi akan mewakili partai politik bersama anggota DPRD yang duduk hasil pemilihan umum legislatif lalu," ungkapnya.
 
Dikatakan Rizky, selain pembentukan fraksi, DPRD Banjarbaru juga tengah menyusun tata tertib (tatib) yang akan menjadi acuan bagi setiap anggota dewan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.
 
"Seluruh anggota DPRD dilibatkan dalam penyusunan tatib karena akan menjadi acuan bagi setiap anggota dewan menjalankan tugas maupun fungsinya selama lima tahun masa jabatan," katanya.
 
Ditambahkan, pihaknya menargetkan penyusunan tatib bisa diselesaikan segera sehingga disepakati bersama dan ditetapkan agar bisa menjadi acuan bersama bagi setiap anggota DPRD menjalankan fungsinya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024