Sebanyak 59 wartawan dari berbagai media mengikuti media gathering bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (Bawaslu Kalsel) bertajuk Kawal Pilkada 2024 dengan tema Kolaborasi Bawaslu dan media dalam pengawasan dan edukasi informatif pemilihan serentak.

"Kegiatan ini sebagai upaya sosialisasi pengawasan partisipatif sekaligus penguatan soliditas kehumasan Bawaslu dan media," kata Anggota Bawaslu Kalsel Thessa Aji Budiono di Banjarbaru, Jumat malam.

Baca juga: Satgas Humas Polda Kalsel kolaborasi Bawaslu kawal Pilkada 2024

Acara media gathering diawali diskusi seputar pengawasan pemilihan di Hotel Aeris Banjarbaru.

Thessa membuka acara mewakili Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono.

Selain diikuti awak media, ada sejumlah lembaga pers mahasiswa dari perguruan tinggi di Banjarmasin dan Banjarbaru berhadir.

Peserta diskusi mendengarkan tiga pemateri yakni Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel Zainal Helmie dan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalsel Analisa.

Untuk Adam Erwindi menyampaikan materi peran Humas Polda sebagai stakeholder Bawaslu dan media dalam pemilihan serentak 2024.

Adam menyatakan pihak kepolisian siap membantu Bawaslu Kalsel dan seluruh jajarannya dalam menjalankan pengawasan khususnya berkaitan tugas kehumasan Polri.
Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie saat diskusi seputar pengawasan pemilihan di Hotel Aeris Banjarbaru. (ANTARA/Firman)


Kemudian Zainal Helmie membawakan materi independensi media dan penguatan pemberitaan informatif pilkada.

Dia menekankan wartawan mengedepankan berita positif untuk mengedukasi masyarakat berkaitan pilkada.

Baca juga: Lembaga Studi: Potensi kecurangan Pillkada di Kalsel saat rekapitulasi PPK

"Boleh saja kita mempromosikan salah satu paslon dengan produk jurnalistik, namun pastikan jangan sampai kita menjelekkan atau menjatuhkan paslon lain karena itu tidak dibenarkan," tegasnya.
 
Wakil Ketua KPID Kalsel Analisa saat diskusi seputar pengawasan pemilihan di Hotel Aeris Banjarbaru. (ANTARA/Firman)


Sedangkan Analisa membahas netralitas dan pengawasan lembaga penyiaran pada tahapan pilkada.

Dia mengingatkan lembaga penyiaran baik televisi maupun radio agar memperhatikan keberimbangan dalam pemberitaannya terhadap pasangan calon yang bertarung di pilkada.

Pada hari kedua Sabtu, peserta media gathering diajak ke objek wisata Bukit Bintang, di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Wartawan bersama tim kehumasan Bawaslu Kalsel serta dari 13 kabupaten dan kota mengikuti rangkaian kegiatan outbond bertujuan meningkatkan kerja tim  dan produktivitas kehumasan.
Kegiatan outbond peserta media gathering Bawaslu Kalsel. (ANTARA/Firman)

 

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024