Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan periode 2024-2029 Tugiatno menyampaikan komitmen mengawal kelanjutan penuntasan kawasan kumuh yang masih ratusan hektare di kota setempat.
 
Disampaikan dia di Banjarmasin, Senin, kotanya masih memiliki PR yang banyak untuk upaya penanganan kawasan kumuh yang data pemerintah kota sejak 2022 yang luasnya sekitar 500 hektare.
 
"Ini harus cepat dilakukan, kami anggota legislatif untuk lima tahun kedepan akan komitmen mengawal penuntasan kawasan kumuh ini," ujarnya.
 
Dia pun meminta pemerintah kota setempat untuk membuat program yang bisa signifikan menuntaskan penanganan kawasan kumuh, utamanya yang berada di bantaran sungai atau sekitar daerah aliran sungai (DAS).
 
"Kita di dewan pasti mendukung, baik anggaran maupun legislasi untuk percepatan penuntasan kawasan kumuh ini," tuturnya.
 
Tugiatno menyampaikan, jika tidak dilakukan dengan serius, maka kota ini tidak pernah maju, apalagi mulai menggalakkan sektor pariwisata.
 
"Belum lagi kalau bicara pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, jika masih banyak daerah yang kumuh, tidak sesuai," ucapnya.
 
Dia pun berharap pemimpin kota ini selanjutnya, atau setelah Pilkada 2024 ini, komitmen untuk menuntaskan kawasan kumuh sangat besar.
 
"Karena ini kota tua, harus penuh perjuangan memang untuk menuntaskan kawasan kumuh ini," ujarnya.
 
Untuk tahun 2024 ini yang diketahuinya, Pemkot Banjarmasin menargetkan seluas 65 hektare kawasan di kota ini bisa dituntaskan.
 
"Kita harap tahun 2025 lebih lagi, sehingga cepat dituntaskan," demikian katanya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024