Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Sekjen Kemenkumham) Nico Afinta menyatakan pegawai yang ingin maju dan berkembang harus menjalani proses.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kanwil Kemenkumham Kalsel di Banjarmasin, Senin, Nico menyampaikan itu saat menjadi pembina apel pagi untuk pertama kali.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Kalsel lantik pejabat non manajerial

"Tidak ada yang terjadi secara instan, kalau mau maju, ya, harus berproses," ujar Nico di lapangan upacara Kemenkumham. 

Selain itu, lanjutnya, pimpinan dan pegawai Kemenkumham perlu bekerja sama, berkolaborasi, dan berbagi pengetahuan untuk mencapai tujuan organisasi.

"Saya menyadari tugas ini (menjadi Sekjen) merupakan amanah yang besar, mari bersama kita saling bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi," tutur Nico. 

Pria kelahiran Surabaya 53 tahun silam ini juga memaparkan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antar jajaran Kemenkumham sangat penting. 

"Kita harus berkomunikasi untuk menyamakan persepsi, berkoordinasi untuk menyatukan arah, dan berkolaborasi sehingga masing-masing dari kita punya kekuatan untuk mencapai tujuan organisasi," tutur Nico.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel-Jatim bersinergi awasi Warga Negara Yaman

Nico juga menekankan pelaksanaan tugas, wewenang, dan tanggung jawab bagi para pegawai, harus dilakukan secara tertib dan optimal.

Hal tersebut perlu diperhatikan karena tugas, wewenang, dan tanggung jawab berkaitan dengan hubungan sosial sesama pegawai. 

"Percayalah bahwa orang di sekeliling kita adalah orang yang akan menolong, membantu, dan mempengaruhi hidup kita," ungkap Nico. 

Diketahui, apel pagi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pegawai Kemenkumham. Hadir dalam apel, pejabat pimpinan tinggi madya, pimpinan tinggi pratama, serta seluruh jajaran pegawai Kemenkumham.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Jumadi, secara terpisah memberikan tanggapan positif terhadap arahan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Nico Afinta, dalam apel perdana.

Jumadi menyatakan arahan tersebut sejalan dengan semangat yang dipegang teguh jajaran Kemenkumham Kalsel.

Baca juga: Hadiri HUT ke-46 Kota Palu, Menkumham dorong kesadaran hukum masyarakat

"Kami sangat mengapresiasi pesan Sekjen bahwa tidak ada yang instan dalam proses menuju kemajuan. Di Kanwil Kemenkumham Kalsel, kami juga meyakini pentingnya proses dan kerja keras sebagai kunci keberhasilan," ujar Jumadi.

Lebih lanjut, Jumadi menekankan kolaborasi dan koordinasi, seperti yang ditekankan Sekjen, merupakan fondasi penting untuk mencapai tujuan organisasi.

"Kami di Kalimantan Selatan akan terus meningkatkan komunikasi dan kerja sama, sehingga seluruh tim dapat bergerak dalam satu arah yang sama, demi keberhasilan bersama," imbuhnya.

Jumadi juga mengajak seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk mengimplementasikan arahan tersebut dalam setiap aspek pekerjaan sehari-hari, memastikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dilakukan dengan tertib dan optimal.

"Arahan ini akan menjadi panduan bagi kami dalam memperkuat sinergi internal dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus meningkat," tutupnya.

Baca juga: Lapas Narkotika Karang Intan akselerasi pembuatan e-KTP warga binaan jelang pilkada

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024