Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan pahlawan bidang pelayanan bagi masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi.
 
"Jika pahlawan adalah pejuang saat kemerdekaan, maka ASN pahlawan pelayanan yang memberi pelayanan kepada masyarakat," ujar wali kota usai pelepasan ASN purnatugas di Aula Gawi Sabarataan, Jumat.

Baca juga: Wali Kota Aditya serahkan 500 paket sembako kepada warga
 
Menurut Aditya, ASN yang bertugas diberbagai bidang telah memberikan pelayanan terbaik sehingga layak menyandang pahlawan pelayanan karena melayani masyarakat dengan baik dan penuh dedikasi.
 
Aditya menyebutkan, ruas jalan yang bagus hingga menjadikan seorang anak menjadi pintar merupakan hasil dari kinerja dan dedikasi setiap ASN yang memberikan pelayanan sesuai bidang tugasnya.
 
"Jadi, pelayanan yang diberikan ASN tidak kalah dengan pahlawan, justru mereka menjadi pahlawan di jaman sekarang yang menjalankan tugas penuh dedikasi bagi bangsa, negara dan daerah," ungkapnya.
 
Dikatakan Aditya, setiap ASN yang memasuki masa pensiun bukan berarti tidak bisa berkiprah maupun mengabdi di masyarakat karena asal tetap sehat bisa memberikan suatu sumbangsih bagi dunia dan akhirat.
 
"Selama masih diberikan kesehatan, tentunya masih bisa mengabdi baik di dunia maupun akhirat dengan mengikuti berbagai kegiatan positif seperti berorganisasi dan bergabung dalam kegiatan ibadah," sebutnya.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru berkomitmen atasi banjir
 
Mantan Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah menyebut, setiap ASN wajib bersyukur atas nikmat yang diberikan sehingga bisa menjalankan tugas dan kewajiban hingga akhir masa jabatan.
 
"Mari kita semua berbahagia, berdoa semoga apa yang dilakukan menjadi ibadah dan jadi amal jariyah," ujar Said Abdullah di depan pimpinan SKPD dan ASN purnatugas yang hadir pada pelepasan tersebut.
 
Said berpesan kepada seluruh ASN termasuk pejabat untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, penuh dedikasi dan inovasi. Sebaliknya, jangan meneruskan kebijakan yang salah, tetapi harus diluruskan.
 
"Artinya, kebijakan yang kurang baik jangan diteruskan, diganti dengan inovasi sesuai kebutuhan organisasi sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik, penuh loyalitas semoga menjadi amal ibadah," katanya.
 
Jumlah ASN yg purna tugas tahun 2024 sebanyak 149 orang terdiri dari 148 PNS dan 1 PPPK meliputi Batas usia Pensiun (BUP) 121 orang, atas permintaan Sendiri 12 orang dan meninggal dunia 16 orang.
 
Baca juga: Wali Kota Banjarbaru pastikan proyek strategis sesuai target dan berkualitas

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024