Atlet asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Muhammad Dandi ikut menorehkan medali perunggu cabang olahraga arung jeram nomor down river R6 putra untuk Kalimantan Selatan (Kalsel) pada PON XXI Aceh Sumut 2024.

“Lokasi kegiatannya berada di Venue Sungai Alas, Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Jika dibandingkan dengan Sungai Nateh di HST tempat saya biasa berlatih, Sungai Alas ini jeramnya jauh lebih deras,” kata Dandi dalam keterangan yang diterima di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kamis.

Baca juga: PON 2024 - Atlet gulat Fahriansyah sabet emas untuk Kalsel

Meski hanya berhasil meraih perunggu, para atlet yang berasal dari berbagai daerah di Kalsel, termasuk Dandi, mengakui telah berjuang maksimal. Terlebih, saat pelepasan mereka start dari posisi terakhir.

“Start di posisi tujuh (terakhir) menjadi tantangan tersendiri bagi tim kami berlomba. Namun, kami telah berjuang keras hingga bisa melewati Kalimantan Timur, Jambi, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat,” ucapnya.

Dia mengatakan timnya menyelesaikan lomba dengan catatan waktu sekitar 21 menit 12 detik pada jarak sekitar sembilan kilometer.

Baca juga: ASN Kemenkumham Kalsel melangkah ke Final PON XXI 2024

Menurut Dandi, timnya perlu penyesuaian di sungai tempat lomba, bahkan hanya dua kali berlatih di sini. Beda halnya dengan atlet Aceh dan Sumut latihan berbulan-bulan di lokasi karena sebagai tuan rumah sehingga lebih menguasai rintangan di sungai tersebut.

Selain Dandi dari HST, timnya juga diperkuat M Arsandy (Kandangan), M Hasliyanor (Kandangan), M Sairi (Banjarmasin), Alpianor (Balangan), dan Muchlis (Banjarmasin).

Untuk urutan perolehan medali cabang olahraga arung jeram nomor down river R6 putra ini, medali emas diraih Aceh, medali perak diraih Sumatera Utara, dan medali perunggu diraih Kalsel.

Baca juga: PON 2024 - Sepak bola: Aceh raih perunggu, tekuk Kalsel 2-1

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024