Wakil Ketua sementara DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Kartoyo berpendapat, EXPO  2024 perwujudan dari keberadaan usaha mikro kecil menengah atau UMKM  "Banua" (provinsi setempat).

Politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu mengemukakan pendapatnya Kamis sesudah menghadiri pembukaan Kalsel EXPO 2024 di Lapangan Murdjani Banjarbaru (35 km utara Banjarmasin).

Baca juga: Pemkot Banjarbaru berikan layanan kemasan produk gratis bagi UMKM

Karenanya selaku wakil rakyat, Kartoyo mengapresiasi Kalsel EXPO 2024 serta mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan guna pengembangan UMKM Banua ke depan.

“Alhamdulillah pemerintah provinsi (Pemprov) setempat membuka Kalsel EXPO 2024. Ini merupakan aplikasi kita memajukan UMKM yang ada di Banua untuk menggali potensi dan kearifan lokal,"  ujar Kartoyo.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) itu juga mengapresiasi adanya "workshop" +bengkel kerja) untuk para UMKM yang pelaksanaannya selama EXPO 2024  berlangsung. 

“Tadi sudah disampaikan ada workshopnya untuk UMKM naik kelas. Untuk itu, kita dari unsur pimpinan DPRD sangat mendukung dan ke depannya insya Allah, workshop-workshop ini akan kita kembangkan. Kita sangat mendukung sinergi terhadap dunia usaha UMKM dan mendorong ke arah 'market price' (harga pasar terkini )," demikian Kartoyo.

Baca juga: Srikandi PLN Kalselteng kunjungi UMKM di Kampung Purun Banjarbaru

Sementara itu,  Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin dalam sambutan dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi setempat, Roy Rizali Anwar b

mengatakan, EXPO 2024 tidak hanya jadi ajang pameran dan promosi saja tetapi merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke 74 Provinsi Kalsel.

“Kalsel EXPO 2024 menyajikan pameran dan parade keunggulan produk-produk terbaik. Mulai dari karya-karya inovatif UMKM binaan pemerintah daerah, kemudian produk-produk berkualitas dari perusahaan nasional hingga berbagai produk atau komoditas unggulan bertaraf internasional, ujar Paman Birin.

Wakil Ketua sementara DPRD Kalsel H Kartoyo saat menghadiri pembukaan EXPO 2024 di Lapangan Murdjani Banjarbaru (35 km utara Banjarmasin), Rabu (18/9/2924). (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Paman Birin berharap, segala potensi daerah dapat terus berkembang dan bersaing di kancah Asia.“Kita jadikan momentum ini sebagai langkah awal untuk terus memajukan potensi daerah, memperkuat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan," pintanya.

Kalsel EXPO 2024 selama lima hari (18 - 22 September 2024) bertujuan untuk menampilkan hasil-hasil pembangunan, program kegiatan pemerintahan, yang diikuti seluruh SKPD Pemprov Kalisel, Pemerintah Kabupaten/Kota se provinsi, serta instansi vertikal, BUMD, BUMN, pengusaha lokal dan nasional serta UMKM unggulan Kalsel.



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024