Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Haji Kartoyo dari Partai NasDem menyatakan kesiapan apabila nantinya diberikan amanah oleh partai, sebagai salah satu unsur pimpinan di DPRD Kalsel.

Dan diketahui berdasarkan peroleh kursi di DPRD Kalsel, salah satu kursi pimpinan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel definitif periode 2024-2029 akan diisi anggota DPRD dari NasDem, dan kemungkinan besar diisi oleh Haji Kartoyo.

Haji Kartoyo ini pun telah terpilih menjadi Wakil Ketua sementara pasca pelantikan dan pengambilan sumpah janji 55 anggota DPRD Kalsel, yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna H Mansyah Adrian "Rumah Banjar", Senin (09/09) kemarin.

"Kami akan selalu siap dan patuh terhadap perintah partai demi kepentingan masyarakat," katanya yang merupakan kader NasDem yang terpilih dari Dapil Kalsel 4 ini melalui sambungan telpon, Selasa.

Menurut dia, kesiapan ini sendiri tidak lepas dari pengalaman dirinya yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) periode 2019-2024.

Baca juga: DPRD HSS rapat gabungan komisi bersama eksekutif bahas raperda APBD 2023

Sosok pria yang akrab dengan pewarta ini  juga sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai NasDem HSS, pun telah menjalankan tugasnya di DPRD HSS dengan baik hingga akhir masa jabatannya.

"Alhamdulillah, kita menyelesaikan tugas sebagai unsur pimpinan di DPRD  HSS dengan baik, mudah-mudahan jadi bekal dan modal penting bagi saya di DPRD Provinsi," ucapnya.

Dan terkait masa jabatannya yang relatif singkat sebagai unsur pimpinan DPRD HSS, dirinya mengaku hal tersebut semata-mata hanya untuk penyegaran yang diamanatkan oleh partai.

"Meskipun jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD HSS hanya berjalan dua setengah tahun, saya yakin itu sudah sangat cukup memberikan kami banyak pengalaman," jelasnya.

Sementara itu, terkait rekomendasi yang diberikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem terhadap penunjukan Wakil Ketua DPRD Kalsel definitif, dirinya mengaku sudah menerima surat tersebut.

Baca juga: DPRD HSS: Musrenbang RPJPD libatkan dewan agar aspirasi masyarakat terakomodir

Meski demikian, ia tetap menunggu hasil penetapan yang akan disampaikan melalui rapat paripurna penyusunan struktur DPRD Kalsel, yang rencana akan berlangsung pada pekan mendatang.

"Memang benar kita sudah menerima rekomendasi dari DPP, tetapi kita harus tetap menunggu penetapan nanti, dan kalaupun terpilih kita akan selalu siap menjalankan tugas itu dengan sebaik-baiknya," tambahnya.

Diketahui, H Karyoto terpilih sebagai anggota DPRD Kalsel periode 2024-2029 setelah berhasil meraih sebanyak 30 ribu lebih suara di Dapil Kalsel IV, mencakup Kabupaten HSS, Hulu Sungai Tengah (HST), dan Tapin.

Atas perolehan suara yang banyak tersebut, membuat dirinya menjadi salah satu sosok yang dinilai mumpuni bagi Partai NasDem untuk memegang amanah sebagai unsur pimpinan di DPRD Kalsel untuk periode 2024-2029.

Baca juga: DPRD : Portrada persiapan Pekan Olahraga Tradisional Nasional

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024