Wakil Ketua DPRD I Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Kartoyo menyampaikan Pekan Olahraga Tradisional Daerah (Portrada) Tingkat Provinsi Kalsel menjadi momentum persiapan Pekan Olahraga Tradisional Nasional.

Kartoyo mengatakan Portrada Provinsi Kalsel ini merupakan momentum bagi warga HSS, yang akan mengikuti pertandingan pada tingkat lebih tinggi, yakni Pekan Olahraga Tradisional Nasional.

"Insya Allah dengan adanya Portrada Kalsel, UMKM kita juga terdampak pendapatannya dapat meningkat,  tentunya dengan saling berkoordinasi antara semua pihak," ujar Kartoyo yang juga Ketua KORMI HSS di Kandangan, Selasa.

Baca juga: DPRD HSS gelar rapat paripurna penyampaian Raperda RPJMD 2025-2045

Dijelaskan Kartoyo, pertandingan akan digelar di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, GOS Aluh Idut Kandangan, dan Stadion Imam Syafi'i Daha Selatan.

Mempertandingkan lima cabang olahraga (cabor), yaitu balogo, eggrang, layang-layang aduan, lari balok, serta sumpitan dipertandingkan mulai 24-27 April 2024.

Cabor eggrang diikuti 60 orang, lari balok (85 orang), layang-layang aduan (98 orang), balogo diikuti kurang lebih 300 orang se-Provinsi Kalsel.

"Selaku tuan rumah, kami juga mengirim banyak peserta untuk mengikuti lima cabor tradisional yang dipertandingkan," terangnya.

Sebelumnya, Penjabat Bupati HSS Hermansyah yang juga menjabat Wakil Ketua KORMI Kalsel mengatakan perlombaan ini untuk meningkatkan semangat pegiat olahraga tradisional.

Baca juga: Kabupaten HSS tuan rumah Pekan Olahraga Tradisional Daerah

Kemudian, penjaringan atlet untuk mewakili provinsi ke Portrada tingkat nasional, para atlet berprestasi akan dikirim ke tingkat nasional pada Juli atau Agustus 2024 mendatang.

"Kita harap lima cabor yang dipertandingkan bisa mendapatkan atlet yang terbaik, sehingga kembali berprestasi pada tingkat nasional," ungkapnya.

Hermansyah berterima kasih kepada Kormi HSS, diiringi harapan olahraga tradisional ini semakin meningkat karena termasuk olahraga yang diminati semua kalangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024