Fraksi gabungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel) masa jabatan 2024-2029 hari pertama kerja sesudah mengucapkan sumpah/janji, 9 September lalu, sudah tersusun.

"Alhamdulillah fraksi kami/fraksi gabungan sudah tersusun. Bahkan sudah menyepakati mereka yang duduk sebagai Anggota Kelengkapan Dewan (AKD)," ujar anggota DPRD Kalsel dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI() Perjuangan H Muhammad Syaripuddin di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Maulana fokus prioritas tunjang pembangunan pertanian Batola Kalsel

Namun, wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang akrab dengan sapaan Bang Dhin itu belum bersedia mengungkapkan nama-nama yang menduduki AKD, termasuk Ketua fraksi gabungan.

"Kalau disebutkan sekarang tidak kejutan. Sedangkan kami nanti saat pengumuman resmi mau bikin kejutan," ujar Bang Dhin di sela-sela makan siang bersama wartawan/anggota Press Room DPRD Kalsel.

Fraksi gabungan pada DPRD Kalsel 2024-2029 terdiri dari PDI Perjuangan tiga orang masing-masing HM Rosehan Noor Bahri daerah pemilihan (dapil) Kalsel I/Kota Banjarmasin, VI serta dapil Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) H Zainuddin.

Baca juga: Ketua sementara DPRD Kalsel terima dan dukung pernyataan pengunjuk rasa

Selain itu, tiga orang dari Partai Demokrat masing-masing asal dapil Kaksel I, Bambang Yanto Purnomo, Kalsel II/Kabupaten Banjar H Gusti Abidinsyah dan dapil Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Yudistira Bayu Bujang.

"Kemudian seorang asal dapil Kalsel III/Kabupaten Barito Kuala (Batola) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sadam Husin Naparin," demikian Bang Dhin.

Pada DPRD Kalsel 2019-2024 juga terdapat satu fraksi gabungan dari PPP serta Demokrat masing-masing tiga orang, dan seorang dari Partai Hanura.

Keanggotaan DPRD Kalsel 2024-2029 sebanyak 55 orang terdiri dari Partai Golkar 13, NasDem 10, Gerindra tujuh, serta Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing-masing enam orang.

Selain itu, PDI Perjuangan dan Demokrat masing-masing tiga orang, serta seorang dari PPP.

Sedangkan DPRD Kalsel 2019 - 2024 dari Partai Golkar 12 orang , PDI Perjuangan dan Gerindra masing-masing delapan, PAN enam. PKB dan PKS masing-masing lima, NasDem empat, PPP dan Demokrat masing-masing tiga, seorang dari Partai Hanura.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel 2024-2029 sebagian besar wajah baru

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024