Ketua sementara DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK menyatakan menerima dan mendukung pernyataan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang berunjukrasa.

"Tuntutan mereka itu pada dasar apa yang menjadi meteri Sumpah/Janji yang kamli ucapkan," ujar Supian HK usai menerima pengunjukrasa tersebut di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin atau dekat *Rumah Banjar" (Gedung DPRD Kalsel), Senin siang.

Baca juga: 45 anggota DPRD Kota Banjarmasin periode 2024-2029 dilantik

Sebagai contoh isi pernyataan pengunjukrasa tersebut menuntut atau meminta anggota baru DPRD Kalsel bekerja dengan benar untuk kepentingan/kemajuan daerah.

"Oleh karena itu, ke depan kita harapkan anggota DPRD Kalsel 2024 - 2029 lebih tertib dan disiplin," demikian Supian HK.

Aksi massa itu bertepatan acara pengucapan Sumpah/Janji anggota DPRD Kalsel masa jabatan 2024 - 2029. Mereka menuntut penandatanganan fakta integritas anggota baru DPRD provinsi tersebut.

Selain Ketua sementara serta anggota baru DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi sama-sama dari Partai Golkar, Wakil Ketua sementara H Kartyon- Partai Nasional Demokrat (NasDem).
 
Pengamanan "Rumah Banjar" (Gedung DPRD Kalsel) dari pengunjukrasa di Banjarmasin, Senin (9/9/2024) siang. (ANTARA/Syamsuddin Hasan)


Sementara pengamanan Rumah Banjar gabungan anggota Kepolisian, TNI, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Guna menghindari hal-hal tak diinginkan, anggota kepolisian agar tidak membawa senjata api dalam pengamanan Rumah Banjar dari pengunjukrasa tersebut.

Unjuk rasa berjalan damai, kendati pihak kepolisian penuh dengan kesiapsiagaan serta sudah menyiapkan anjing pelacak seandainya ada kejadian di luar dugaan.

Baca juga: Puluhan anggota DPRD Tanah Bumbu periode 2024-2029 dilantik

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024