Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengikuti olahraga tradisional guna meramaikan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024 di Siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu.
 
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi Wakil Wali Kota Arifin Noor dan Sekretaris Daerah Ikhsan Budiman membuka peringatan Haornas 2024 yang mempertandingkan olahraga, antara lain lomba gasing, katapel dan hadang.

Baca juga: Peringatan Haornas 2021 Kota Banjarmasin tetap terapkan protokol kesehatan
 
Menurut Ibnu Sina, kegiatan olahraga tradisional yang dilaksanakan ini sekaligus mensosialisasikan ke tengah masyarakat.
 
"Jadi mengolahragakan masyarakat, olahraga tidak terbatas bisa formal tapi tradisional juga bisa," ujarnya.
 
Pada peringatan Haornas 2024, Pemkot Banjarmasin melibatkan berbagai organisasi olahraga, seperti Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Banjarmasin dan Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Banjarmasin yang memperlombakan beragam cabang olahraga dan Induk Organisasi Olahraga (Inorga).
 
Ibnu Sina berharap seluruh fasilitas umum terutama ruang terbuka bisa dimanfaatkan warga kota dalam berolahraga.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin buka Festival Kuliner Jalanan 2024
 
Diungkapkan dia, di Kota Banjarmasin sudah dibentuk Kampung Bermain yang merupakan wadah untuk melestarikan olahraga tradisional.
 
"Termasuk area dan venue-venue kegiatan olahraga bisa dimanfaatkan. Jadi semua tempat bisa berolahraga," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Komite KORMI Kota Banjarmasin Uzlah menuturkan, peringatan Haornas 2024 ini, dilomba tradisional yang dipertandingkan diantaranya, gasing, katapel dan hadang.
 
"Peserta yang mengikuti sebagian berasal dari masyarakat dan sebagian lagi pembibitan di Kampung Bermain," tutur Ibnu Sina.

Baca juga: KPU Banjarmasin sebut berkas pasangan Arifin-Supian lengkap

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024