Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina membuka Festival Kuliner Jalanan atau Festival Baiman Street Food Festival 2024 di kawasan parkir Pasar Sudimampir Banjarmasin Tengah, Jumat malam.
 
Wali kota menyampaikan apresiasi atas digelarnya festival ini sebagai rangkaian kemeriahan Hari Jadi Ke-498 Kota Banjarmasin tahun 2024, sebagai upaya untuk mengangkat usaha mikro kecil dan menengah di bidang kuliner.
 
Menurut dia, pasar Sudimampir merupakan pasar yang menjadi salah satu ikon kota ini, sebagai bagian kota tua yang memiliki khazanah tersendiri bagi Kota Banjarmasin dan provinsi Kalsel.
 
Disampaikan dia, festival ini sebagai upaya mengangkat kembali eksistensi pasar yang pernah menjadi primadona pada masa lalu, sebagai pasar grosir terbesar untuk wilayah Kalimantan Selatan.
 
Menurut Ibnu Sina, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat akan banyak bernostalgia bagaimana ramainya dulu pasar ini hingga malam.
 
"Sekalian juga untuk memberikan pengetahuan bagi generasi muda saat ini, bahwa di pasar ini dulunya penuh sejarah dan kenangan, bahkan dulu ada Bioskop Presiden di sini yang legenda," ujarnya.
 
Dia pun berharap, dengan kegiatan festival kuliner jalanan atau Baiman Street Food 2024 ini, UMKM kuliner terus tumbuh dan maju di kota ini.
 
"Silahkan masyarakat kunjungi dan bersantai ria di festival ini," ujarnya.
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar mengatakan, festival ini digelar dari dari 1-30 September 2024 pada pukul 17.00 sampai 22.00 Wita.
 
"Tapi karena suasananya sangat ramai, bahkan bisa sampai pukul 00.00 Wita baru tutup," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan, festival ini diikuti puluhan UMKM kuliner baik makan maupun beragam minuman.
 
"Bahkan kita akan tampilkan berbagai hiburan selama festival ini dilaksanakan," ujarnya.
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi istri saat meninjau stand pedagang di Festival Kuliner Jalanan atau Baiman Street Food 2024 di kawasan parkir Pasar Sudimampir Banjarmasin, Jumat malam (6/9/2024). (ANTARA/Sukarli)

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024