DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2024-2029 telah melakukan rapat paripurna internal dipimpin Ketua Sementara DPRD H Akhmad Fahmi (HAF) guna membahas penetapan usulan pimpinan DPRD dan telah melakukan pembentukan fraksi-fraksi.

"Dalam rapat internal perdana tersebut sudah ada beberapa agenda yang kita lakukan, mulai dari pembukaan masa sidang I DPRD masa jabatan 2024-2029, kemudian pembentukan fraksi-fraksi," kata HAF dalam keterangan, di Kandangan, Selasa.

Selain itu, menurut dia juga dibahas untuk pembentukan peraturan DPRD tentang tata tertib, kode etik dan tata beracara badan kehormatan DPRD setempat.

Baca juga: Puluhan anggota DPRD Kabupaten HSS jalani pelantikan

Adapun fraksi-fraksi yang di DPRD HSS untuk periode 2024-2029 ini bertambah satu jika dibandingkan periode 2019-2024, lalu, di periode kali ini jumlah fraksi ada tujuh, sedangkan sebelumnya ada enam.

"Tujuh fraksi periode 2024-2029 tersebut, yakni ada fraksi PKS, fraksi Nasdem, fraksi Golkar, fraksi PDIP, fraksi PKB, fraksi Gerindra, dan fraksi Gelora-PPP," terangnya.

Dalam rapat ini juga dibahas penyusunan program kegiatan DPRD Kabupaten HSS untuk bulan September, hingga untuk penetapan usulan pimpinan DPRD.

Baca juga: DPRD HSS 2019-2024 optimal laksanakan tugas hasilkan 119 keputusan

Dari hasil usulan ditetapkan sebagai Ketua DPRD HSS periode 2024-2029 H Akhmad Fahmi, Wakil Ketua I Husnan dan Wakil Ketua II M Kusasi.

“Usulan penetapan Pimpinan DPRD HSS kita serahkan kepada Pemkab HSS untuk diteruskan ke Pemerintah Provinsi Kalsel, dan pelantikan ketua menunggu surat yang ditanda tangani gubernur,” tambahnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024