Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur mengatakan tingkat kemiskinan di kabupaten setempat merupakan salah satu yang terendah di seluruh wilayah Indonesia dengan persentase sebesar 2,3 persen.
 
"Penurunan angka kemiskinan menjadi 2,3 persen dan Kabupaten Banjar menjadi salah satu daerah dengan tingkat kemiskinan terendah se-Indonesia," ujar Saidi di Kota Martapura, Senin.

Baca juga: Syaifulah Tamliha-Habib Ahmad kenakan "Laung Banjar" daftar ke KPU
 
Saidi menyatakan hal itu pada puncak peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Banjar yang dihadiri ribuan masyarakati Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura..
 
Bupati Saidi juga menyampaikan terjadi peningkatan cakupan layanan kesehatan semesta yang mencapai 98,42 persen pada 2024 hingga kesehatan masyarakat semakin terlayani.
 
"Keberhasilan lain yakni peningkatan Indeks Pembangunan Manusia yang terwujud dari pertumbuhan ekonomi sebesar 4,35 persen sehingga lama hidup, tingkat pendidikan dan standard hidup layak makin meningkat," sebut Saidi.
 
Dikatakan Saidi, Pemkab Banjar terus berinovasi memberi pelayanan publik yang lebih mudah dan cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital.
 
Saidi menuturkan bangunan mal representatif dilengkapi berbagai fasilitas jadi alternatif masyarakat mendapatkan pelayanan pemerintah daerah seiring kemajuan jaman yang serba digital berteknologi tinggi.

Baca juga: Ribuan jamaah hadiri "Banjar Bersalawat" bersama Habib Syekh
 
"Kami berharap, MPP yang sudah dilengkapi berbagai pelayanan publik berbasis digital mampu membuat pelayanan semakin baik dan cepat sehingga masyarakat menikmati pelayanan yang terbaik," tutur Saidi.
 
Puncak peringatan Harjad ke-74 Kabupaten Banjar yang disemarakkan kesenian daerah, diisi penyerahan bantuan dan penghargaan yang diserahkan bupati baik kepada lembaga maupun perorangan.
 
Bupati dan Wakil Bupati didampingi Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Adi Santoso meninjau Kuliner Rakat Bersama di Alun-Alun Ratu Zalecha.
 
Ribuan masyarakat termasuk ASN dan pegawai Pemkab Banjar hadir sekaligus menikmati aneka makanan dan minuman yang disediakan SKPD dalam suasana penuh keakraban dan kegembiraan.

Baca juga: Bupati Banjar temui Ombudsman Kalsel bahas cegah maladministrasi

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024