Ribuan jamaah yang berasal dari berbagai wilayah baik dari penjuru Kota Martapura, Kalimantan Selatan dan kawasan lainnya tumpah ruah mengikuti "Banjar Bershalawat" di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura.

Bupati Banjar Saidi Mansyur di Martapura, Selasa, mengatakan kegiatan religius  tersebut rangkaian Hari Jadi ke-74 Kabupaten Banjar.

Baca juga: Bupati Banjar temui Ombudsman Kalsel bahas cegah maladministrasi
 
Jamaah dengan pakaian mayoritas putih terlihat khusyu saat Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf asal Solo Jawa Tengah mengalunkan shalawat dan membuat alun-alun bergemuruh.
 
"Kita semua yang hadir disini untuk mencari keberkahan dan dimaknai sebagai sikap teladan terhadap Nabi Muhammad SAW melalui lantunan shalawat sebagai rangkaian hari jadi Kabupaten Banjar," ucap Saidi.
 
Menurut Saidi, kedatangan Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf untuk ketiga kalinya dan apa yang menjadi kekurangan tahun depan diharapkan lebih baik lagi dengan tempat lebih luas untuk kenyamanan jamaah.

Baca juga: Bupati Saidi minta generasi muda Banjar berperan aktif pada pembangunan
Habib Farizh Al Qadri dalam tausiah mengajak jamaah menanamkan nilai tidak ada yang lebih berharga dan lebih dicintai kecuali Rasulallah, dan tidak ada orang yang lebih mencintai dan menyayangi umat kecuali Nabi Muhammad SAW.
 
"Semua wajah yang hadir malam ini dilihat Allah dan semua suara yang membaca shalawat semoga menjadi penghuni surga firdaus. Semoga apa yang kita niatkan malam ini diamini Nabi Muhammad SAW dan semua dapat berziarah ke makam beliau," ucap Habib Farizh.
 
Kegiatan religius yang diikuti ribuan jamaah hingga memenuhi Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura itu ditutup dengan doa oleh Habib Alwi asal Tareem dan doorprize dari Bupati Banjar berupa umrah gratis.

Baca juga: Bupati Banjar serahkan penghargaan usai upacara peringatan harjad

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024