Ribuan warga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, antusias mengikuti acara Fun Walk yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu.

Peserta dari berbagai kalangan sejak pagi, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa bahkan lanjut usia, tampak bersemangat mengenakan topi dan kaos bertuliskan "Fun Walk KPU Kalsel 2024".

Baca juga: DPR dan KPU setujui PKPU pencalonan kepala daerah akomodasi putusan MK

Kegiatan Fun Walk bertema “melangkah bersama menuju TPS” ini, bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yang dijadwalkan berlangsung pada 27 November mendatang, selain itu juga untuk mengedukasi tentang pentingnya suara dalam proses demokrasi.

Acara Fun Walk dibuka dengan senam Zumba di halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KPU Kalsel, Dr. Andi Tenri Sompa, yang mengungkapkan rasa syukur atas tingginya partisipasi masyarakat.

“Perlu kami informasikan dan terima kasih yang luar biasa kepada seluruh masyarakat atas antusias nya, karena kami membuka dua hari pendaftaran, animo masyarakat luar biasa, jumlah peserta yang terdaftar mencapai 2500 orang, namun banyak juga peserta yang berpartisipasi tanpa mendaftarkan diri,” kata Andi.

Andi Tanri menambahkan,  Fun Walk ini bukan hanya sekadar olahraga, tetapi juga sebagai sarana untuk mensosialisasikan Pemilu untuk memilih Kepala Daerah yang akan datang, sekaligus menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak suara.

“Kami berharap, dengan acara seperti ini, masyarakat semakin paham dan mau menggunakan hak pilihnya,” ujar Andi.

Baca juga: KPU benarkan draf PKPU yang beredar di publik merujuk putusan MK

Andi menjelaskan, tahapan pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan hingga  per tanggal 24 Agustus 2024, sudah mengumumkan pelaksanaan pendaftaran pasangan calon di kabupaten/kota.

Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran pasangan calon yang dijadwalkan pada tanggal 27 - 29 Agustus 2024. Pada tahapan ini nantinya sudah diketahui siapa saja yang akan menjadi calon kepala daerah baik ditingkat provinsi, dan kabupaten/kota.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan, dengan tema bersama menuju TPS, pihaknya ingin para peserta menjadi bagian dari KPU provinsi Kalimantan Selatan, sebagai penyelenggara Pemilu untuk ikut mengumandangkan kepada seluruh Masyarakat, yang sudah memiliki hak memilih, agar ikut hadir pada tanggal 27 November 2024, untuk menyalurkan hak suaranya di TPS.

Sehingga dengan masifnya kampanye bersama Masyarakat, dapat meningkatkan jumlah partisipasi  pemilih, pada Pilkada 27 November 2024 mendatang, KPU Kalsel menargetkan peningkatan partisipasi pemilih mencapai 85 persen.

Menurut Andi Tanri, tidak hanya sekedar jumlah partisipasi yang meningkat, namun KPU mengajak Masyarakat untuk memastikan pemimpin yang dipilih nantinya merupakan pemimpin yang berkualitas, dan layak menjadi teladan selama Lima tahun ke depan.
 
Peserta Fun Walk KPU Kalsel 2024, sedang melakukan persiapan di Siring Nol Kilometer Banjarmasin. Minggu (25/08/2024) (ANTARA/ Latif Thohir)

Setelah sambutan, peserta Fun Walk dilepas oleh Ketua KPU Kalsel, bergerak melintasi rute yang ditentukan. Mereka berjalan santai sambil bercengkerama, menciptakan suasana keakraban di antara warga.

Turut hadir pada pelepasan peserta Funwalk, Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Heriansyah, perwakilan Bawaslu, KPU 13 Kabupaten Kota, unsur Forkopimda dan pemangku kepentingan lainnya.

Pada kegiatan Fun Walk, selain menghadirkan hiburan dari Band Lokal, KPU juga membagikan hadiah undian berupa, 1 unit sepeda motor, 2 sepeda gunung, 2 t Televisi , 2 sepeda Listrik,  2 Handphone, 3 Kulkas, 3 Mesin Cuci, dan puluhan perangkat elektronik lainnya.

Fun Walk KPU Kalsel 2024 tidak hanya sukses dalam menarik perhatian warga, tetapi juga berhasil menghadirkan momen kebersamaan dan kesadaran kolektif akan tanggung jawab sebagai warga negara.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024