Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Intan tahun 2024, untuk persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), di lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Kapolres HSS AKBP Muhammad Yakin Rusdi, di Kandangan, mengatakan gelar pasukan untuk melihat kesiapan dan mengecek persiapan dalam pengamanan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten HSS.

“Pengamanan akan kita mulai mulai pukul 00.00 Wita malam ini sampai tahapan Pilkada selesai dilakukan,” ujar Kapolres HSS dalam keterangan, mengutip pers rilis Humas Polres HSS, Sabtu.

Baca juga: Polisi ungkap kasus pembunuhan lansia oleh remaja diawali motif gadaikan motor

Dijelaskan dia, dalam pengamanan pilkada serentak 2024, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan TNI, pemerintah daerah, kejaksaan, pengadilan dan pihak-pihak terkait lainnya.

Hingga saat ini, menurut dia situasi dan kondisi politik di Kabupaten HSS tidak ada gangguan, dan dalam keadaan aman dan kondusif.

“Pendaftaran calon yang dilaksanakan dari tanggal 27-29 Agustus, Polres HSS siap melakukan pengamanan,” ujarnya.

Dandim 1003/HSS Letkol Inf Bayu Oktavianto Sudibyo, mengatakan dalam pengaman pilkada di Kabupaten HSS, seluruh personel dari TNI Kodim 1003/HSS akan memberikan dukungan apabila Polri membutuhkan.

“TNI siap bergerak membantu Polri mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku,” ucapnya.

Baca juga: Kanwil Kalsel tugaskan HM Yamani Plh Kepala Kemenag HSS pasca demo damai

Adapun Penjabat (Pj) Bupati HSS Endri, mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri dan instansi vertikal yang telah meciptakan suasana yang kondusif dalam pelaksanaan tahapan Pilkada serentak.

"Hal ini sejalan seperti yang kerap disampaikan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, agar terlaksana pesta demokrasi dengan penuh kegembiraan," ungkap Endri.

Selain itu, Endri mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga situasi kondisi dan keamanan di wilayah masing-masing, agar pilkada dapat berjalan dengan aman dan damai.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024