Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Pengayoman yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel di Lapangan Pemerintah Provinsi Kalsel, Senin.

Paman Birin bertindak sebagai Inspektur Upacara yang dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Selatan, mitra kerja, serta seluruh jajaran Insan Pengayoman di wilayah tersebut.

Baca juga: Jalan sehat dan lomba tradisional semarak Hari Pengayoman

Hari Pengayoman ke-79 mengusung tema "Mengabdi Untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045" yang menjadi pengingat bagi seluruh Insan Pengayoman terkait pengabdian sebagai esensi utama dari setiap tugas yang diemban sebagai abdi negara.

Pengabdian ini mencakup konteks pelayanan publik, kepastian hukum, perlindungan hak asasi manusia, serta pembentukan regulasi yang adil dan berpihak pada masyarakat.

Upacara yang berlangsung penuh khidmat ini diawali dengan pembacaan sejarah Kementerian Hukum dan HAM oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman.

Pembacaan ini mengingatkan para peserta akan perjalanan panjang Kemenkumham dalam mengemban amanah sebagai garda terdepan penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia. Selanjutnya, prosesi pengibaran bendera merah putih dilakukan dengan penuh keheningan, menambah suasana khidmat di lapangan upacara.

Pada momentum ini, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, juga menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada perwakilan pegawai Kanwil Kemenkumham Kalsel yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun.

Baca juga: 63 narapidana di Kalsel bebas saat HUT ke-79 RI

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan loyalitas para pegawai dalam menjalankan tugasnya selama bertahun-tahun, yang secara konsisten memberikan kontribusi nyata bagi institusi Kemenkumham dan masyarakat luas.

Sahbirin Noor yang membacakan pidato dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna H. Laoly, menyampaikan perayaan Hari Pengayoman 2024 memiliki makna khusus.

Untuk pertama kalinya, peringatan ini dilakukan sebagai Hari Pengayoman, menggantikan perayaan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) yang telah menjadi bagian dari sejarah perjalanan Kemenkumham RI.

"Momen ini menandai sebuah era baru dalam perjalanan Kemenkumham RI, dimana semangat pengayoman menjadi pusat dari dedikasi kita untuk selalu hadir, semakin dipercaya, dan berkualitas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Paman Birin.

Baca juga: Jumadi jabat Kakanwil Kemenkumham Kalsel yang baru
 
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman di Banjarbaru, Senin (19/8/2024). (ANTARA/Firman)


Gubernur juga menegaskan bahwa usia 79 tahun bukanlah sekadar angka, melainkan simbol dari perjalanan panjang yang penuh tantangan dan pencapaian membanggakan.

"Dari waktu ke waktu, Kemenkumham terus berbenah, beradaptasi, dan berinovasi dalam menghadapi dinamika hukum serta menjawab kebutuhan masyarakat. Ini adalah bentuk komitmen nyata kita untuk tetap menjadi garda terdepan dalam penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia," tambahnya

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman, juga menekankan pentingnya peran seluruh Insan Pengayoman di Kalimantan Selatan dalam mewujudkan negara hukum yang berkeadilan dan demokratis.

Baca juga: 12 satker Kemenkumham Kalsel ikuti turnamen Badminton Hari Pengayoman ke-79

"Sesuai dengan arahan Menkumham RI, mari kita tingkatkan semangat kerja dan kontribusi nyata. Kita semua adalah bagian dari sejarah besar bangsa ini, dan cita-cita Indonesia Emas 2045 adalah tugas serta tanggung jawab seluruh pihak tanpa terkecuali," ujar Taufiqurrakhman dengan penuh semangat.

Rangkaian peringatan Hari Pengayoman ke-79 ini telah dimulai sejak tanggal 15 Juli 2024, ditandai dengan Doa Bersama Kemenkumham untuk Negeri serta serangkaian kegiatan mulai dari aksi sosial, pelayanan publik, berbagai perlombaan, hingga puncak kegiatan pada hari ini.

Setelah upacara, rangkaian acara akan dilanjutkan dengan kegiatan syukuran sebagai penutup Hari Pengayoman ke-79 di Kalimantan Selatan.

Baca juga: Lapas Narkotika Karang Intan razia rutin agar bersih narkoba
 
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman dan jajaran beserta forkopimda Kalsel usai upacara peringatan Hari Pengayoman ke-79 di Banjarbaru, Senin (19/8/2024). (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024