Masyarakat Desa Merah, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggelar berbagai lomba sepak bola memakai pakaian tidur wanita (daster) hingga jalan santai untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.

“Kita menggelar serangkaian acara yang penuh dengan kegembiraan dan keceriaan, yaitu berbagai lomba khas kemerdekaan,” kata Kepala Desa Merah Yadiansyah di Balangan, Ahad.

Baca juga: Petani Desa Sei Anyar kembangkan bibit bawang merah Bima Brebes

Yadiansyah menuturkan salah satu kegiatan paling dinanti warga adalah jalan santai yang diikuti anak-anak hingga orang dewasa dengan hadiah yang menarik.

Menurut Yadiansyah, kegiatan ini bukan sekadar kegiatan olahraga bersama, tetapi juga menjadi ajang mempererat tali silaturahmi warga. 

Semangat kebersamaan pun terlihat dari antusiasme peserta yang tidak hanya menikmati jalan santai, tetapi juga berharap membawa pulang doorprize menarik yang telah disediakan oleh panitia.

“Kegiatan ini bukan hanya simbol perayaan kemerdekaan, tetapi juga momen penting untuk merajut kebersamaan dan persatuan antar warga karena semangat kemerdekaan adalah semangat gotong royong dan persatuan,” tutur Kades Merah.

Baca juga: "Si jago merah" lalap tujuh rumah di Desa Maradap Balangan

Yadiansyah menyebutkan selama tiga hari penuh desanya dipenuhi dengan keceriaan dan semangat kemerdekaan, yaitu berbagai lomba unik seperti sepak bola memakai baju daster antara Rukun Tetangga (RT) yang melibatkan pria dan wanita turut menjadi daya tarik tersendiri.

Kemudian acara puncak nantinya ditutup dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dan peserta jalan santai.

Sementara itu salah satu warga Desa Merah Rahman, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap acara seperti ini bisa menjadi tradisi tahunan di desanya.

“Harapan saya kegiatan seperti ini terus berlanjut setiap tahun, karena selain mempererat kebersamaan juga menjadi hiburan yang dinanti-nanti oleh kami semua,” kata Rahman.

Baca juga: Pasar Selasa Desa Geronggang dilalap "si jago merah"

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024