Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI sebagai momentum untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan di tengah perkembangan zaman yang semakin maju.

“Dengan persatuan dan kesatuan maka kita dapat mewujudkan pembangunan di daerah,” kata dia saat menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah putih pada HUT ke-79 RI di Taman Dwi Warna Barabai, Hulu Sungai Tengah, Sabtu.

Baca juga: Bupati HST minta anggota Paskibraka jadi teladan kemajuan pembangunan

Menurut dia, HUT ke-79 RI ini bukan hanya sekedar seremonial, tetapi juga pengingat bagi bangsa untuk terus mengisi kemerdekaan dengan kerja keras dan inovasi demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Terkhusus bagi veteran, terima kasih telah berjuang ikut menjadi bagian dan saksi kemerdekaan NKRI,” ujarnya.

Pengibaran bendera merah putih berlangsung dengan sukses yang dilakukan oleh 45 petugas Paskibraka HST dengan pembawa baki, Hadistira Zulayqa. Kemudian pengibar bendera dilaksanakan oleh Muhammad Asrarrudin, Muhammad Fajar, dan Abdul Halim.

Pada momen HUT RI ini, nyanyian lagu perjuangan dibawakan oleh Paduan Suara Murakata Symphony Orchestra Balai Rakjat Creatif Hub, dan dimeriahkan oleh Marching Band SMAN 2 Barabai.

Baca juga: Pemkab HST raih penghargaan desa mandiri terbanyak se-Kalsel

Bupati HST mengatakan upacara HUT RI tahun ini sedikit berbeda, dikarenakan susunan tempat upacara yang baru dengan wajah Taman Dwi Warna yg lebih bagus juga setelah direnovasi. Bahkan lebih meriah karena untuk musik pengiring dibawakan secara langsung oleh orkestra yg dimainkan secara langsung oleh anak-anak berbakat Kabupaten HST.

Setelah upacara pengibaran bendera merah putih, Bupati HST menyerahkan tanda terima kasih kepada sejumlah veteran, kemudian prosesi penyerahan remisi tahanan, dan dilanjutkan ramah tamah di Pendopo HST.

Pada ramah tamah itu, Aulia berpesan kepada seluruh ASN, TNI dan Polri, serta perangkat desa, agar menjadikan peringatan kemerdekaan ini sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 

Baca juga: Pemkab HST canangkan konser kemerdekaan jadi agenda tahunan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024