Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan mencanangkan kegiatan konser kemerdekaan menjadi agenda tahunan sebagai refleksi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI.

“Konser kemerdekaan ini melibatkan pemuda lokal melalui organisasi. Tahun ini konser kemerdekaan kita laksanakan untuk kali pertama, yang diinisiasi komunitas Murakata Symphony Orchestra Balai Rakjat Creatif Hub,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Baca juga: Bupati HST: 98,8 persen penduduk sudah dilindungi program JKN

Dia menjelaskan konser kemerdekaan ini dapat diisi dengan berbagai kegiatan positif seperti kesenian, kebudayaan, dan lainnya guna menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

“Pemerintah daerah bangga kepada Murakata Symphony Orchestra Balai Rakjat Creatif Hub yang sudah merintis kegiatan ini untuk mengisi kemerdekaan melalui kegiatan yang positif,” katanya.

Aulia berharap Murakata Symphony Orchestra Balai Rakjat Creatif Hub untuk bisa terus bersinergi dan menunjukkan eksistensi pada berbagai kegiatan positif di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dalam mengisi kemerdekaan, sehingga hasil perjuangan para pahlawan dimaknai oleh masyarakat.

Dia juga mengapresiasi panitia pelaksana karena konser kemerdekaan ini menjadi yang pertama kali di kabupaten tersebut, juga menjadi harapan untuk memotivasi generasi penerus dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang positif.

Baca juga: Pemkab HST optimalkan poktan hasilkan pangan bermutu atasi stunting

Menurut Aulia, dengan mengisi kemerdekaan melalui kegiatan positif, dapat menumbuhkan rasa patriotisme, dan menunjukkan rasa cinta kepada bangsa dan negara khususnya Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Sementara itu, Ketua Balai Rakjat Creatif Hub Ahmad Rizqan selaku pencetus konser kemerdekaan mengatakan, komunitas ini pertama kali berdiri pada 2022 lalu. Dan pada 2023 lalu, pihaknya dipercaya pemerintah daerah mengiringi kenaikan bendera pada HUT RI dengan musik kemerdekaan yang menjadi satu-satunya di Kalimantan Selatan.

“Pemkab HST juga memberikan penghargaan bagi seniman lokal yang merupakan pelatih Murakata Symphony Orchestra. Kita harap konser kemerdekaan ini terus berlanjut,” ujar Ahmad.

Baca juga: Pemkab HST perluas intervensi pangan bergizi bagi pelajar

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024