Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi meminta anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) HST 2024 dapat menjadi teladan bagi generasi muda lain untuk mewujudkan kemajuan pembangunan bangsa.

“Terlebih saat ini momen HUT ke-79 RI, mari kita jadikan momen ini sebagai sebuah perubahan besar bagi generasi muda,” kata dia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Jumat.

Baca juga: Pemkab HST raih penghargaan desa mandiri terbanyak se-Kalsel

Bupati HST mengukuhkan sebanyak 48 anggota Paskibraka 2024 di Pendopo HST. Kepada 48 anggota Paskibraka ini, Aulia berharap pengibaran dan penurunan bendera merah putih di Taman Dwi Warna Barabai pada Sabtu (17/8) dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

“Anggota Paskibraka ini adalah putra putri terbaik Kabupaten HST yang sudah melalui berbagai tahap pelatihan dan menunjukkan kapasitas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka,” ucapnya.

Menurut dia, perjalanan anggota Paskibraka ini patut diapresiasi karena beranjak individu yang tadinya memikirkan diri sendiri, kini menjadi individu yang berbakti kepada bangsa dan negara.

Baca juga: Pemkab HST canangkan konser kemerdekaan jadi agenda tahunan

Aulia berharap anggota Paskibraka juga menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya melalui berbagai karya dan mendedikasikan diri kepada tanah air sebagai bentuk kemerdekaan secara mandiri.

Ia menjelaskan maksud kemerdekaan ini adalah kemerdekaan secara pribadi, untuk bisa melaksanakan, bergerak maupun bekerja sesuai keinginan yang ingin dicapai.

“Kemerdekaan yang kita peroleh ini merupakan hasil tumpah darah para pejuang. Kita harus bisa memanfaatkan kemerdekaan ini untuk menciptakan berbagai karya yang menginspirasi,” ujar Bupati HST.

Baca juga: Bupati HST: 98,8 persen penduduk sudah dilindungi program JKN

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024