Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan Penghargaan dan Apresiasi Program Kampung Iklim (ProKlim) kepada kampung Iklim dan pemerintah daerah, sebagai wujud apresiasi terhadap pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di daerah,
 
Pemerintah Kota Banjarmasin, menjadi salah satu pemerintah daerah yang menerima penghargaan berupa Sertifikat Apresiasi Pembinaan ProKlim 2024, bersama 52 pemerintah kabupaten kota lainnya, demikian rilis yang disampaikan, Sabtu.

Baca juga: Banjarmasin bagikan ribuan bendera jelang HUT RI
.
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menerima sertifikat apresiasi yang diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, di Exhibition Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (09/08).

Apresiasi tersebut, dijelaskan H Ibnu Sina, merupakan buah dari kerja sama antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan kampung iklim atas penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta menurunkan emisi gas rumah kaca.

“Alhamdulillah, hari ini kita mendapatkan penghargaan ProKlim Kampung Iklim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya atas kinerja yang luar biasa dari Pemerintah Kota bersama dengan Kampung Iklim,” katanya.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin berikan perhatian serius kehidupan pelaku UKM

Walaupun belum mendapat Penghargaan Kategori Utama, pimpinan kota berjuluk seribu sungai itu berpesan kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk tidak patah semangat dan terus berinovasi dalam membangun serta membina masyarakat terhadap ProKlim.

“Tetap semangat, mudah-mudahan tahun depan kita bisa lebih baik lagi, di mana kampung-kampung iklim yang ada di Banjarmasin bisa lebih baik lagi inovasinya, mengolah sampah kemudian gas rumah kaca, adaptasi terhadap perubahan iklim dan juga lingkungan yang lebih sehat,” harapnya.

Selain kepada pemerintah kabupaten kota, KLHK juga memberikan Sertifikat Apresiasi Pembinaan ProKlim kepada 10 pemerintah provinsi, kemudian memberikan Penghargaan Proklim Lestari kepada 34 kampung iklim dan Penghargaan Proklim Utama kepada 55 kampung iklim.

Melalui Penghargaan ProKlim ini, KLHK berharap mampu mendorong banyak pihak untuk bersama mengatasi dampak dari perubahan iklim, sehingga bisa memastikan terjadinya keberlanjutan kehidupan dengan lingkungan yang terjaga bagi generasi mendatang.

Baca juga: Banjarmasin govt improves shelter for ODGJ

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024