Kesejahteraan para pelaku Usaha, Mikro Kecil (UMK) di Banjarmasin terus mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kota Banjarmasin, tak terkecuali dalam hal inovasi manajemen keuangan. Seperti yang diinisiasi oleh Kecamatan Banjarmasin Barat misalnya.

Puluhan pelaku UMK di kecamatan tersebut mendapat pendampingan terkait Pembuatan dan Pengelolaan Laporan Keuangan yang berlangsung selama 2 hari (31 Juli - 1 Agustus 2024). Kegiatan itu dibuka Staf Ahli bidang Kerjasama dan Investasi Iwan Fitriadi di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu, demikian rilis Pemkot Banjarmasin.

Dalam arahannya, Iwan berpesan kepada para pelaku usaha agar dapat menyerap serta menerapkan ilmu yang didapat, terutama soal manajemen keuangan berbasis teknologi. Terlebih, ujarnya dengan menggandeng beberapa praktisi dari Korporat maupun Akademisi seperti PT PLN (Persero), PT Pelindo, dan ULM dan tidak dibiayai oleh APBD (dana CSR). Dirinya berharap tentu program ini dapat menuai manfaat bagi keberlangsungan usaha masing-masing. 

“kegiatan ini luar biasa karena bisa dilaksanakan non APBD, itu poin yang paling penting. Artinya kecamatan Banjarmasin Barat sendiri dengan kerja keras, dengan semangat usaha bersinergi ke korporat, sehingga Alhamdulillah kegiatan untuk UMK seperti ini bisa terlaksana," terangnya pasca kegiatan.

Sementara itu, Camat Banjarmasin Barat Ibnu Sabil menuturkan program ini sebetulnya sejalan dengan visi BERSINAR (Bersemangat, sinergis, nyaman, aman dan ramah) yang dibawanya selama menjabat sebagai Camat. Kemudian, ujar Sabil dengan letak wilayah Banjarmasin Barat yang memang menjadi salah satu pusat bisnis dan korporat tentu semakin menambah peluang masyarakat sekitar khususnya pelaku UMK untuk teredukasi soal pentingnya manajemen pelaporan keuangan berbasis IPTEK.

"Melihat potensi di Banjarmasin Barat, dengan banyaknya teman-teman korporat di sini membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mereka berbagi pengetahuan, bersentuhan langsung di lingkungan masyarakat," bebernya.

"Sehingga ada peluang disini, bagaimana UMK kita bisa maksimal dan teredukasi dalam hal pelaporan keuangan. Kami sangat bersyukur dan terbantu sekali dengan sinergi para korporat yang membantu memfasilitasi kegiatan ini," tandasnya.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024