Dua mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mewakili Indonesia di ajang Asia Conference gelaran Harvard University dalam program Harvard College Project for Asian and International Relations (HPAIR) 2024 yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada 21-25 Agustus 2024.

"Selamat dan sukses untuk Andi Azizah Maulidia Budiarman dan Gastin Gabriel Jangkang dari Program Studi Pendidikan Profesi Dokter ULM yang terpilih mengikuti HPAIR tahun ini," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu.

Rektor pun mengaku ULM sangat berbangga atas prestasi internasional yang ditorehkan kedua mahasiswanya itu.

Terlebih acara yang digagas Universitas Harvard sebagai perguruan tinggi peringkat satu di Amerika Serikat dan dunia dalam pemeringkatan global 2024 itu sangatlah bergengsi dengan hadirnya tokoh-tokoh top dunia dari berbagai bidang sebagai pembicaranya.

Sementara Azizah kepada ANTARA menjelaskan dia dan Gastin telah melalui proses yang sangat ketat untuk bisa terpilih di HPAIR yang seleksinya dimulai sejak Juni 2024. 

Adapun seleksinya antara lain pemeriksaan dokumen mulai surat motivasi, riwayat hidup, transkripsi, hingga wawancara singkat bersama mahasiswa Harvard.

Azizah dan Gastin menulis surat motivasi dengan tema kesehatan sesuai dengan program studi mereka. 

Azizah mengaku mereka juga melampirkan 20 prestasi terbaru yang diraihnya dan juga melampirkan sertifikat kemahiran bahasa ketika tahap awal proses pendaftaran guna bersaing dengan 10.000 lebih pendaftar dari 20 negara.

“Kami berharap mampu membawa nama baik almamater, merepresentasikan Indonesia dengan baik dan membangun networking berkelanjutan dengan mahasiswa dari berbagai jenjang, disiplin ilmu, dan negara," ucap Azizah.

HPAIR merupakan proyek tahunan yang diadakan oleh Harvard University yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991.

Hingga saat ini sudah terlaksana 50 konferensi di 20 negara tuan rumah yang berbeda di seluruh dunia. 

Konferensi ini bertujuan menghubungkan pemimpin global saat ini dengan pemimpin masa depan dalam forum dinamis pertukaran ide. Selain konferensi, terdapat juga kompetisi Impact Challenge. 

Tahun ini HPAIR diadakan di Bangkok, Thailand. Harvard University bekerja sama dengan Chulalongkorn University untuk pelaksanaan konferensi prestisius di tahun ini. 

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024