Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota DPRD Kalimantan Selatan yang tergabung dalam Panitia Khusus Raperda tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kalsel, Hasan Mahlan mengharapkan, agar provinsinya mencontoh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam menanggulangi bencana.

Selain itu, bisa mencontoh Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam menanggulani bencana, lanjutnya di Banjarmasin, Sabtu, berkaitan hasil studi komparasi Pansus Raperda penyelenggaraan penanggulangan bencana tersebut ke DIY dan Jateng beberapa hari lalu.

"Saya kira tidak salah kalau kita mencontoh DIY dan Jateng dalam penanggulangan bencana. Apalagi tipe atau jenis bencana di provinsi kita banyak persamaan, seperti banjir dan kebakaran," tutur politisi Partai Golkar tersebut menjawab Antara Kalsel.

Pasalnya, lanjut anggota Komisi I bidang hukum dan pemerintahan DPRD Kalsel yang juga membidangi bencana itu, dalam penanggulangan bencana, DIY pernah mendapatkan penghargaan internasional dan Jateng terbaik nasional.

"Dari informasi yang kami terima, memang koordinasi pihak-pihak terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum dan lainnya dalam penanggulangan bencana pada kedua provinsi DIY dan Jateng itu betul-betul jalan," ujarnya.

Begitu pula kepedulian atau partisipasi masyarakat DIY dan Jateng terhadap penanggulangan bencana, buat menolong sesama warga yang terkena musibah tampaknya cukup tinggi, tambah wakil rakyat bergelar dokterandus itu.

Sebagai contoh masyarakat dari kabupaten/kota tetangga pun aktif membantu warga daerah yang terkena bencana, lanjut pimpinan salah satu serikat pekerja Indonesia di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

"Koordinasi yang mantap serta tingkat kepedulian atau kesetiakawanan sosial yang tinggi dari masyarakat tersebut, mungkin tidak terlepas dari sikap - perilaku pemimpin daerah setempat," tutur Sekretsris Angkutan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kalsel itu.

"Sikap atau perilaku pemimpin daerah tersebut bukan saja menggunakan instruksi ataupun kekuasaan, tetapi yang lebih utama memotivasi dengan keteladanan," demikian Hasan Mahlan.

Raperda tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana tersebut inisiatif dewan atas usul Komisi I DPRD Kalsel yang juga membidangi bencana, bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan yang merupakan hak bagi setiap orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017