Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Dinas Sosial  Kabupaten Tabalong  menggelar Workshop digitalisasi usaha ekonomi produktif guna mendukung kemajuan kelompok  usaha lokal.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong Rusmadi mengatakan workshop digitalisasi bagi penerima manfaat program UEP ini diharapkan dapat mengembangkan jenis usaha yang dijalankan.

"Tiap penerima manfaat menerima bantuan sebesar Rp5 juta dan tahap pertama sudah kita realisaiskan 85 keluarga penerima manfaat," jelas Rusmadi di Tabalong,  Senin.

Tahun ini  bantuan usaha ekonomi produktif dari APBD Kabupaten Tabalong 2024 ditargetkan sebagai 
 120 keluarga penerima manfaat.

Ia pun berharap  kebijakan bansos terus berlanjut agar ekonomi masyarakat semakin baik lagi dan kebijakan pemerintah ke depan sangat penting, artinya semakin memperhatikan para pelaku UEP ini.

Kepala Diskominfo Tabalong, Muhammad  Noor Rifaani mengatakan 
para pelaku usaha ekonomi produktif perlu dibekaki berbagai keterampilan dan wawasan agar  bisa  mandiri.

"Saat ini ekonomi digital menguasai perekonomian dunia dan orang dapat belanja malalui internet karena itu perlu memahami pemasaran secara digital," jelas Noor Rifani.

Terkait infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Pemkab Tabalong terus melakukan  berbagai upaya agar tidak ada lagi blank spot di daerah ini sehingga pada gilirannya semakin memudahkan masyarakat berekonomi digital.

Mengingat ekonomi digital banyak memberikan kemudahan, kemanfaatan untuk masyarakat bahkan menciptakan ketersediaan informasi yang lebih besar, lebih menghemat waktu, menghemat biaya dan menghilangkan hambatan.

Kabupaten Tabalong sendiri  telah didaulat sebagai salah satu kabupaten dengan predikat  Smart City di Indonesia serta sebagai Penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam  Workshop digitalisasi UEP para peserta mendapatkan wawasan terkait digital  marketing dengan 
menghadirkan pembicara Digital Marketing Expert, Editor dan Content Creator dari Banjarmasin yang disponsori pula  Bank Kalsel, SKK Migas dan Pertamina EP Lapangan Tanjung.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024