Unit Reskrim Polsek Banjarmasin Tengah (Banteng) jajaran Polresta Banjarmasin menyelidiki penyebab kebakaran puluhan toko dan bangunan kosong di Pasar Bawang pada Sabtu sekitar pukul 03.15 WITA.

Kebakaran yang terjadi pada Sabtu dini hari itu berlokasi di Pasar Bawang Jalan Pasar Baru RT15/RW02 Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Baca juga: Rumah Dinas Kakanwil DJPb Kalsel di Jalan S Parman kebakaran

"Dari hasil pendataan yang kami lakukan di lapangan ada sekitar 15 toko yang hangus terbakar dan saat ini masih penyelidikan untuk mengetahui asal api," ucap Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Tengah Iptu Hendra Agustian Ginting di Banjarmasin, Sabtu.

Ginting mengatakan bangunan yang terbakar, antara lain toko minyak goreng, toko sembako, toko sayur, toko barang pecah belah, toko suku cadang dan toko mesin.

Berdasarkan keterangan warga, ucap Ginting, awalnya saksi tersebut berada di dalam rumah sekitar tempat kejadian perkara (TKP) dan mendengar teriakan warga.

Kemudian, saksi keluar rumah melihat api sudah membesar di atap toko bagian blok tengah dan api merembet kebangunan toko, serta bangunan kosong lain di TKP.

Baca juga: Bank Kalsel bantu warga terdampak kebakaran di Veteran Banjarmasin

Selanjutnya, petugas pemadam dibantu relawan barisan pemadam kebakaran memadamkan api setelah 1,5 jam kejadian yang menghanguskan sekitar 15 toko dan bangunan kosong mayoritas berbahan kayu.

"Dari informasi anggota kami yang di lapangan dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada ditemukan korban jiwa," ujar Kanit Reskrim Polsek Banteng itu.

Ginting menuturkan petugas belum dapat memastikan asal sumber api karena masih proses penyelidikan. 

"Tempat kejadian perkara sudah kami pasang garis polisi guna kepentingan penyelidikan dan kerugian sampai saat ini belum bisa ditaksirkan," tutur Ginting.

Baca juga: Pemprov Kalsel bantu korban kebakaran ke Banjarmasin dan Batola

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024