Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana kebakaran di wilayah Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala (Batola).
 
Kabid Penanganan Bencana Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Achmadi di Banjarmasin, Sabtu, menyampaikan bantuan disalurkan langsung ke titik kejadian di wilayah bencana kebakaran itu.

Baca juga: Kalsel Kemarin, sejumlah berita kriminal hingga peristiwa kebakaran di Tabalong
 
Untuk titik musibah kebakaran di Kota Banjarmasin Jalan Simpang Sei Mesa RT12 RW02 Gang II Darussalam, Kelurahan Seberang Masjid, Banjarmasin Tengah terjadi pada Jumat kemarin.
 
Sedangkan, Kabupaten Barito Kuala di Desa Berangas Timur RT 3, Kecamatan Alalak terjadi pada Kamis.
 
"Bantuan yang disalurkan berupa makanan siap saji, makanan anak, kasur, selimut, kidsware, family kit, mie instan, air mineral, teh, sarden, susu, gula, sarung, celana dan baju," ujarnya.
 
Menurut Achmadi, bantuan ini disalurkan secepatnya sesuai instruksi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor untuk mengurangi beban masyarakat yang menjadi korban bencana.
 
Karena sesuai data yang pihaknya terima, ungkap dia, untuk musibah kebakaran di Kota Banjarmasin menghanguskan tiga rumah yang menyebabkan lima kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Baca juga: BPBD Banjarmasin gencar sosialisasikan cegah kebakaran pemukiman
 
Sedangkan di Kabupaten Barito Kuala, kata Achmadi, musibah kebakaran menghanguskan lima rumah.
 
"Ada sebanyak 18 jiwa yang kehilangan tempat tinggal, bahkan satu anak mengalami luka bakar," tuturnya.
 
Adapun penyebab kebakaran kedua lokasi tersebut masih diselidiki pihak kepolisian, tetapi laporan dari masyarakat sekitar di duga korsleting listrik.
 
"Memang dilihat dari bangunan yang terbakar, usia bangunan rumah cukup tua dan juga berbahan material kayu sehingga api dengan cepat berkobar," terang Achmadi.
 
Dia pun berharap masyarakat bisa lebih bijak untuk penggunaan dan instalasi listrik di rumah masing-masing dan juga tidak lengah dengan pemakaian listrik.

Baca juga: Ratusan petugas berjibaku tangani kebakaran bengkel mobil di Banjarmasin

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024