Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan membantu puluhan aparat desa untuk mengelola portal (website) yang ada di Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Jumat, menyampaikan pengelolaan portal tersebut merupakan program kerja sama antara Pemda Kapuas dengan Prodi Teknologi Rekayasa Geomatika dan Survei Poliban.

Baca juga: DWP Poliban bakti sosial kesehatan deteksi dini penyakit tidak menular
 
Tidak hanya pengelolaan web desa, ungkap dia, namun juga pembuatan desain gambar teknik dan penyusunan RAB desain.
 
"Dengan kerja sama ini tentunya kita bisa bersama-sama meningkatkan kompetensi dari sumber daya masyarakat desa dalam teknologi informasi khususnya tentang pengelolaan web desa dan lainnya," kata Joni Riadi.
 
Dia memastikan, sebagai kampus vokasi, Poliban membuka ruang untuk bekerja sama membangun daerah hingga pedesaan.
 
Sebab, ungkap dia, Poliban juga memiliki program pengabdian untuk masyarakat dengan berbagai ilmu terapan yang diimplementasikan di lapangan.

Baca juga: Poliban Expo 2024 hadirkan kemeriahan
 
"Tidak hanya dengan Kabupaten Kapuas, namun juga dengan kabupaten/kota lainnya di provinsi Kalsel juga provinsi lainnya," ucap dia.
 
Ditambah Ketua Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Geomatika dan Survei Poliban Dewi Nur Indah Sari, pihaknya menggelar pelatihan terkait pengelolaan web desa dan lainnya tersebut bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas, Kalteng.
 
"Kegiatan yang dilangsungkan pada 24-27 Juni 2024 di Banjarmasin, diikuti 58 aparat desa dari 38 desa di Kabupaten Kapuas," tuturnya.
 
Menurut dia, ini kegiatan pelatihan kedua, selain mengupgrade kompetensi tapi juga memperkuat kerjasama antara Poliban dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Baca juga: Gelar Peksimida 2024 di Poliban sukses memilih delegasi ke nasional
 
Baca link: Poliban

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024