Gelar Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2024 yang diselenggarakan di Politeknik Negara Banjarmasin (Poliban) sukses memilih delegasi dari Provinsi Kalimantan Selatan untuk ke tingkat nasional.
 
"Acara berjalan lancar, sukses dengan memilih peserta yang terbaik mewakili Kalsel untuk tingkat nasional," ujar Direktur III Poliban Kalsel H Syafwansyah Effendi di Banjarmasin, Minggu.
 
Gelar Peksimida 2024 di Poliban sebagai tuan rumah diikuti sebanyak 39 peserta dari 13 kampus di Kalsel pada 13-14 Juni 2024.
 
Ini merupakan ajang seleksi untuk memilih delegasi Provinsi Kalsel mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2024 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
 
Kalsel sudah menyiapkan delegasi untuk mengikuti Peksiminas 2024 tersebut pada lima tangkai seni, yakni monolog, menulis cerpen, menulis lakon, menulis puisi dan fotografi.
 
Adapun hasil gelar Peksimida 2024 yang meraih peringkat terbaik pada masing-masing tangkai seni, yakni seni monolog untuk juara 1 diraih Fathurrahman dari Poliban, kemudian juara 2 Panji Angger Waspada dari Politala, juara 3 Nor Amilia dari ULM, juara 4 Malika Putri dari Uniska dan juara 5 Rusilawati dari Univ. Sari Mulia.
 
Sedangkan untuk tangkai seni cerpen, yakni juara 1 Risma Liyanti dari ULM, juara 2 Salsabila Adya Gunanti dari Univ. Sari Mulia dan juara 3 Juhriah dari STIEI Banjarmasin.
 
Selanjutnya untuk tangkai seni penulisan puisi, yakni juara 1 Edy Zulkarnain dari ULM), juara 2 Pramunika dari Politeknik Kesdam Banjarmasin, juara 3 Suci Widya Sari dari Univ Sari Mulia.
 
Kemudian untuk tangkai lomba menulis lakon terpilih 1 orang pemenang yaitu Shinta Salsa Bella dari ULM. 
 
Adapun untuk tangkai seni fotografi didapat 6 peserta terbaik dari 2 kategori lomba. Yakni, kategori fotografi jurnalistik, juara 1 Rahmat Maulana dari Univ. Sari Mulia, juara 2 Aulia Nurani dari ULM dan juara 3 Ahmad Rizqo Abdillah dari Stikes Intan Martapura.
 
Kemudian kategori fotografi artistik untuk juara 1 diraih Saufi Apriyadi dari Politala, juara 2 Eki Bagus Riantoro dari Politeknik Kesdam Banjarmasin dan juara 3 M Tanzilul Furqan dari ULM.
 
"Para juara utama yang mewakili Peksiminas di UNJ masih ada waktu dua bulan lagi untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan sehingga bisa juara dan mengharumkan nama almamater dan khususnya Kalimantan Selatan," kata Syafwansyah.
 
Ketua Panitia Peksimida 2024 di Poliban Nailiya Nikmah menyampaikan terimakasih atas partisipasi semua kampus di provinsi ini hingga kegiatan berlangsung meriah dan sukses.
 
Dia pun menyampaikan, kesuksesan kegiatan ini tentu tidak lepas dari semua pihak yang terlibat, dari kerja sama dan dedikasi dari semua civitas akademik Peksimida.
 
"Kami juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Kalsel kepada Poliban sebagai tuan rumah 5 tangkai lomba," ujarnya.
Para juara Peksimida 2024 diselenggarakan di Poliban pada 13-14 Juni 2024. (ANTARA/HO/Poliban)
 
Baca Link:Poliban
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024