Dewan Wanita Persatuan Politeknik Negeri Banjarmasin (DWP Poliban) Kalimantan Selatan menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular.
 
Ketua DWP Poliban Kalsel Lina Herlina di Banjarmasin, Rabu, mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut menggandeng Puskesmas Alalak Selatan Banjarmasin di Gedung Kantor Utama, Gazebo Lantai 2 Kampus Poliban, hari ini.

Baca juga: Poliban Expo 2024 hadirkan kemeriahan
 
"Seperti yang kita ketahui mendeteksi dini atau screening penyakit tidak menular sangat penting dilakukan agar kita dapat mengetahui lebih dini keadaan tubuh kita," ucapnya.
 
Dia pun menyampaikan aksi ini menyasar civitas akademik Poliban, sehingga bisa mendeteksi kesehatan dari penyakit tidak menular.
 
"Jika ditemukan ada yang demikian, bisa dilakukan pencegahan dan pengendalian sejak dini," tuturnya.
 
Ketua DWP Poliban Lina Herlina di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (26/6/2024). (ANTARA/HO-Poliban)
 
Baca juga: Gelar Peksimida 2024 di Poliban sukses memilih delegasi ke nasional

Menurut Lina Herlina, DWP terus berupaya untuk bisa ikut andil demi kemajuan kampus ini, menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas, tentunya yang sehat.
 
"Jadi kesehatan ini penting untuk kita jaga sama-sama, kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi semua," ujar Lina Herlina.
 
Kepala Puskesmas Alalak Selatan Siti Khadijah mengapresiasi kegiatan bakti sosial kesehatan yang digelar DWP Poliban dengan melibatkan pihak puskesmas setempat.
 
Dia pun menyampaikan pemeriksaan dini penyakit tidak menular seperti penyakit hipertensi, diabetes dan lainnya.
 
"Karena dua penyakit ini memang meroket pada kalangan tua maupun usia muda. Untuk mencegah itu maka kita laksanakan deteksi secara dini seperti ini," ungkapnya.
 
Siti Khadijah berharap pemeriksaan kesehatan tersebut bisa meningkatkan wawasan tentang pola hidup sehat di lingkungan kampus Poliban.
 
"Saya berharap setelah ini bapak ibu sekalian bisa lebih semangat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Dan kedepannya semoga kerjasama kita ini bisa berjalan terus berlanjut," ujarnya.

Baca juga: 13 kampus kirim kontingen pada Peksimida 2024 di Poliban
 
Baca Link: Poliban

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024