Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (PWI Kalsel) mencetak lebih kurang 650 wartawan kompeten dari hasil uji kompetensi wartawan (UKW).

"Sebanyak 650 wartawan di Kalsel menjadi bagian dari 19 ribu wartawan secara nasional yang telah lulus UKW gelaran lembaga uji PWI," kata Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachrudin saat penutupan UKW Angkatan XXII atau 22 di Banjarmasin, Rabu.

Sementara itu, anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat sekaligus penguji UKW jenjang utama Fathurrahman berharap pewarta yang sudah kompeten bisa meningkatkan kualitas sesuai kompetensi yang sudah dicapai.

Baca juga: PWI Kalsel-PLN cetak wartawan kompeten kawal pembangunan Kalimantan
 
Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie menjadi penguji peserta UKW jenjang Madya. di Banjarmasin, Rabu (12/6/2024). (ANTARA/Firman)

"Mudah-mudahan kita bisa terus menjaga marwah jurnalisme ini sehingga kepercayaan publik terhadap informasi dari karya wartawan dapat diterima," ucap Fathurrahman didampingi Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie.

Fathurrahman yang pernah memimpin PWI Kalsel mengingatkan pula penting kode etik jurnalistik bagi seorang wartawan.

"Wartawan bisa profesional jika berpegang teguh kepada kode etik jurnalistik," tegasnya.

Baca juga: Porwanas XIV Kalsel dihadiri 4.000 orang dari kontingen PWI seluruh Indonesia
 
Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachrudin menjadi penguji peserta UKW jenjang muda di Banjarmasin, Rabu (12/6/2024). (ANTARA/Firman)

PWI Kalsel bersinergi dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menggelar UKW Angkatan XXII di Banjarmasin selama dua hari, yakni Selasa-Rabu (11-12 Juni 2024) yang ditutup dengan kelulusan 35 wartawan dinyatakan kompeten.

Peserta UKW terdiri dari jenjang muda sekitar 18 orang, jenjang madya mencapai 12 orang dan jenjang utama sebanyak lima orang.

Baca juga: Rayakan HPN, ANTARA gelar Pameran Foto "PERS, DEMOKRASI, & PEMBANGUNAN"

Video:
   

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024