Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (PWI Kalsel) dan PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan bersinergi mencetak wartawan kompeten mengawal pembangunan di Kalimantan.

"Peningkatan kompetensi wartawan ini penting karena kerjanya menghasilkan berita yang oleh masyarakat suatu kebenaran," kata Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Banjarmasin, Selasa.

Helmie menegaskan kompetensi yang dimiliki seorang wartawan sangat berpengaruh terhadap karya jurnalistik yang dihasilkan.

Oleh karena itu, dia berharap pemberitaan yang dihasilkan wartawan pemegang kartu kompetensi bisa terus mengawal pembangunan secara berimbang.

Baca juga: Porwanas XIV Kalsel dihadiri 4.000 orang dari kontingen PWI seluruh Indonesia
 
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (PWI Kalsel) Zainal Helmie (keempat depan kiri) dan General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro (kedua depan kiri) saat pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) berlangsung pada 11-12 Juni 2024 di Banjarmasin, Selasa (11/6/2024) . (ANTARA/Firman)

Helmie pun menekankan pemerintah daerah bisa turut merangkul keberadaan wartawan yang telah kompeten melalui program kemitraan, sehingga keberadaan wartawan gadungan dapat tergerus.

Hingga kini, PWI Kalsel sudah menguji kompetensi terhadap 500 wartawan lebih termasuk sekitar 100 orang di antaranya jenjang utama yang diakui Dewan Pers menjadi salah satu provinsi paling produktif menghasilkan wartawan kompeten.

Sementara itu, General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro mendukung PWI Kalsel menggelar UKW yang terjalin kerja sama selama dua tahun.

Bahkan, Abdul Salam berkomitmen pelaksanaan UKW untuk seluruh wilayah di Kalimantan pada 2024.

Baca juga: Rayakan HPN, ANTARA gelar Pameran Foto "PERS, DEMOKRASI, & PEMBANGUNAN"

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie (batik hijau) menjadi penguji peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Banjarmasin, Selasa (11/6/2024). (ANTARA/Firman)

"PLN sangat terbantu dengan pemberitaan media di Kalimantan selama ini yang begitu positif mengedukasi masyarakat atas kinerja kelistrikan negara," katanya.

UKW angkatan XXII atau 22 PWI Kalsel diikuti sebanyak 36 wartawan berasal dari dua kota dan 11 kabupaten se-Kalsel.S

Seremonial pembukaan dihadiri Adi Santoso selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Setdaprov Kalsel mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Turut hadir sejumlah pimpinan media termasuk Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Selatan Taufik Ridwan.

Baca juga: Kalsel gelar Porwanas pada Agustus 2024


Video:
   

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024