Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV tahun 2024 di Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal dihadiri sebanyak 4.000 orang dari kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) seluruh provinsi di Indonesia.

"4.000 orang ini sudah termasuk atlet dan tim official," kata Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Kalsel gelar Porwanas pada Agustus 2024

Berdasarkan kontingen yang hadir tersebut, tuan rumah pun telah menyiapkan 2.000 kamar untuk menginap tersebar pada puluhan hotel di Banjarmasin.

Helmie mengaku persiapan perhelatan Porwanas yang rencananya berlangsung mulai tanggal 19 sampai 26 Agustus 2024 terus dilakukan oleh tim yang dikomando Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalsel.
 
Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie didampingi pengurus menjelaskan kesiapan Porwanas. (ANTARA/Firman)


Selain lokasi pertandingan untuk 12 cabang olahraga, tuan rumah juga menyiapkan jamuan terbaik untuk seluruh kontingen.

Termasuk sejumlah objek wisata yang bisa dikunjungi di bentang alam pegunungan Meratus.

Baca juga: Sebanyak 14 tim ramaikan Turnamen Futsal Antar Wartawan 2023

Apalagi tuan rumah mengadakan perlombaan karya jurnalistik pada Porwanas kali ini dengan mengangkat tema Geopark Meratus yang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional Indonesia pada tahun 2018 dan kini dalam penilaian menjadi UNESCO Global Geopark.

"Sebagaimana pesan Gubernur Paman Birin, Porwanas kali ini wartawan seluruh Indonesia bisa mengenal Geopark Meratus dan bisa mengabadikannya lewat karya jurnalistik," ujarnya di sela halal bihalal pengurus PWI Kalsel dan IKWI Kalsel dalam suasana momen silaturahmi Idul Fitri 1445 Hijriah di gedung PWI Kalsel di Banjarmasin.

Diketahui Porwanas tahun ini mempertandingkan 12 cabang olahraga termasuk lomba karya jurnalistik, yakni atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, tenis meja, domino, e-Sport, tenis lapangan dan balogo.

Baca juga: Hasil kejuaraan bulutangkis Antardesk diharapkan perkuat PWI Kalsel di Porwanas  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024