Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menyatakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-15 Komisi Informasi (KI) se-Indonesia menunjukkan kepada masyarakat mengenai keterbukaan informasi bagi publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Muhammad Muslim di Banjarbaru, Jumat, mengatakan Rakornas KI tersebut bakal diikuti sekitar 400 peserta dari seluruh Indonesia yang berlangsung di Banjarbaru pada 10-13 Juni 2024.

Baca juga: Pemprov Kalsel gagas bentuk komisi informasi tingkat kabupaten/kota

Muslim menuturkan Rakornas KI merupakan media untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang keseriusan Pemprov Kalsel terhadap keterbukaan informasi publik terutama berkaitan dengan kinerja pemerintah daerah.

Sesuai arahan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Muslim menyebutkan Pemprov Kalsel mempersiapkan secara matang pelaksanaan Rakernas KI mulai dari penyambutan, publikasi, dan kegiatan kearifan lokal yang melibatkan partisipasi masyarakat.

"Sesuai dengan keinginan Gubernur Kalsel sangat mendukung kegiatan ini, kita pun siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta yang hadir, apalagi Kalsel terkenal dengan masyarakat yang ramah," kata Muslim.

Diungkapkan dia, panitia pelaksana menyiapkan sejumlah kegiatan untuk mengisi rangkaian rakornas, seperti seminar nasional, rapat organisasi, tur kota ke sejumlah Geosite Geopark Meratus dan kegiatan menarik lain yang melibatkan masyarakat.

"Sebagai tuan rumah yang baik, kita juga akan mengadakan gala dinner untuk mempererat keakraban sesuai dengan keinginan dari Gubernur Kalsel," tuturnya.

Diskominfo Provinsi Kalsel mengoptimalkan peran sebagai Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) utama di Provinsi Kalsel.

Baca juga: Diskominfo Kalsel: Masyarakat tidak boleh akses semua informasi

"Salah satunya dengan memperkuat koordinasi dengan semua entitas di lingkungan Pemprov Kalsel baik SKPD dan UPTD pelayan publik untuk menginformasikan kegiatan berkaitan pelayanan publik kepada masyarakat," ucap Muslim.

Muslim mengemukakan rakornas tersebut juga menjadi motivasi bagi Pemprov Kalsel untuk meningkatkan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) yang saat ini masuk kategori menuju informatif menjadi daerah informatif.

"Kita akan terus tingkatkan peranan Komisi Informasi untuk mengedukasi masyarakat terhadap keterbukaan informasi ini," ungkap Muslim.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalsel Nawang Wijayati mendukung kesuksesan pelaksanaan Rakornas ke-15 Komisi Informasi.

"Kami siap menjadi tuan rumah dan mendukung kesuksesan rakornas ini sesuai dengan harapan Gubernur H Sahbirin Noor untuk terus bergerak," tutur Nawang.

Dijadwalkan, sejumlah pembicara nasional akan hadir, antara lain Ketua Kadin, Ketua PWI, Menkopolhukam, Kementerian Pariwisata dan perwakilan Komisi I DPR RI.

"Semoga pelaksanaan rakornas membawa aura positif bagi seluruh pihak terutama masyarakat Banua," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kalsel minta Komisi Informasi Kalsel tingkatkan kinerja

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024