Sekretaris Camat Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan Sugeng mengatakan potensi objek wisata pantai di Desa Tanjung Pangga perlu perhatian bersama agar menjadi objek wisata bahari.

"Di Desa Tanjung Pangga ada potensi wisata yang dapat dikembangkan dan sejauh ini belum digarap secara maksimal," kata Sugeng di Batulicin Kamis.

Baca juga: Gubernur Kalsel: Kotabaru berpotensi jadi daerah maju

Dia mengatakan Desa Tanjung Pangga memiliki objek wisata yang terkenal dengan pasir putih dan batu karang yang cukup indah dan tidak kalah menarik dengan pantai yang ada di Pulau Jawa.

Di lokasi itu juga terdapat pulau kecil yang memiliki pasir putih dan terumbu karang sangat indah dan lokasi tidak jauh dari Pantai Tanjung Pangga.

Lebih menarik, Sugeng mengungkapkan Pantai Tanjung Pangga terdapat bebatuan atau tebing pantai yang cukup besar, serta mengeluarkan air tawar secara deras pada sela-sela bebatuan tersebut.

Baca juga: Pengelolaan objek wisata Teluk Tamiang Kotabaru Kalsel disarankan pihak ketiga

"Semua keindahan alam yang ada di Desa Tanjung Pangga adalah potensi dapat dikembangkan menjadi objek yang memiliki nilai jual untuk dijadikan sebagai pendapatan asli desa dan daerah," ucap Sugeng.

Sugeng mengharapkan seluruh lini di Kabupaten Kotabaru, seperti DPRD, dinas berwenang dan perusahaan turut andil dan berperan untuk mengembangkan wisata tersebut.

Langkah awal yang sudah dilakukan pihak kecamatan untuk mendorong desa Tajung Pangga sebagai daerah wisata melakukan pembinaan mengenai pengelolaan objek wisata dan pengalokasian dana desa.

Baca juga: Bupati Sayed Jafar suguhi wisata favorit di Kotabaru

Melalui pembinaan tersebut, kini Desa Tanjung Pangga telah mengalokasikan dana desa untuk perbaikan jalan menuju objek wisata tersebut.

Sugeng menilai mengalokasikan dana desa untuk perbaikan jalan menuju Pantai Tanjung Pangga merupakan faktor utama yang harus ditangani sebagai langkah pertama untuk mengembangkan potensi wisata tersebut.

"Sejauh ini akses jalan untuk menuju Pantai Tanjung Pangga juga belum memadai, sarana dan  prasarana untuk mendukung objek wisata juga belum ada, sehingga perlu perhatian dari beberapa pihak untuk menunjang dan mengembangkan objek wisata pantai di Desa Tanjung Pangga," terangnya.

Baca juga: Awak ANTARA Kalsel jelajah objek wisata Kotabaru

Selain melakukan pembinaan, pihak kecamatan juga melakukan koordinasi dengan beberapa pihak seperti pihak perusahaan yang ada di Kotabaru untuk ikut berkontribusi atas perkembangan dan kemajuan objek wisata Tanjung Pangga.

"Alhamdulillah, PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk unit Tarjun dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung menyatakan siap untuk berintegrasi dengan pihak desa untuk mengembangkan objek wisata tersebut," katanya.

Pihaknya akan terus melakukan pembinaan, dan ikut serta mempromosikan Tanjung Pangga sebagai daerah wisata bahari agar dikenal masyarakat luas.

"Bahkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada periode 2023 telah menetapkan Desa Tanjung Pangga dan pulau yang ada di sekitarnya yang ada di Kecamatan Kelumpang Selatan telah ditetapkan sebagai daerah wisata," tutup Sugeng.

Baca juga: DPRD harap jembatan Sungai Bulan - Teluk Sirih bisa kembangkan potensi wisata
 
Potensi objek wisata di Desa Tanjung Pangga perlu perhatian. (ANTARA/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024