Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninjau Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Dumai Menuju Kota Lengkap usai mendampingi Presiden Jokowi pada Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pertamina Hulu Rokan, Kota Dumai, Sabtu (1/6).

“Saya ingin menyaksikan bagaimana proses pengukuran tanah di sini, bagaimana kita memanfaatkan teknologi pengukuran yang ada dalam pelaksanaan kegiatan kita sehari-hari,” ungkap Menteri AHY melalui keterangan tertulis dari Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Minggu.

Baca juga: AHY kenakan pakaian adat Melayu Riau saat Upacara Hari Lahir Pancasila

Kantah Kota Dumai menjadi Kantor Pertanahan pertama di provinsi Riau yang meresmikan implementasi layanan pertanahan elektronik disusul Kota Pekanbaru yang diresmikan Jumat kemarin.

AHY melihat Kantah Kota Dumai menggunakan "Unmanned Aerial Vehicle" (UAV) atau drone untuk membuat foto udara dan mengukur tanah.

Beberapa alat pengukuran termasuk Skywalker 1880 tipe fixed wing yang memiliki waktu tempuh 50 menit sehingga bisa mencakup lahan seluas 500 hektare sekali terbang yang dimiliki Kantah Kota Dumai.

Baca juga: Menteri AHY: Bukan hanya lebih cepat, tapi juga efisien dan aman

Kepala Kantah Kota Dumai Slamet Sutrisno menyatakan mempercepat kesiapan menjadi Kota Lengkap pada 2024.

“Kami targetkan bulan September, Kota Dumai menjadi Kota Lengkap,” ungkapnya.

Hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN, serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau Nurhadi Putra.

Baca juga: Menteri ATR resmikan layanan elektronik

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024