Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) mengusulkan sebanyak 1.618 formasi pada pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel Dinansyah di Banjarbaru, Kamis, mengatakan untuk tahapan pelaksanaan seleksi CASN 2024 akan dimulai sekitar Juni-Juli 2024.

“Untuk jumlah formasi ini sudah kami surati, tinggal menunggu arahan dari Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), semoga jumlah usulan ini bisa diterima semuanya,” ujarnya.

Dinansyah menyebutkan dari jumlah total usulan formasi CASN 2024 untuk Kalsel di antaranya, yakni CPNS 125 formasi. Kemudian sebanyak 1.493 untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang meliputi tenaga guru 1.000 formasi, tenaga teknis 318 formasi, dan tenaga kesehatan 175 formasi.

“Khusus formasi CPNS akan difokuskan untuk posisi Satpol PP dan inspektorat daerah provinsi,” tuturnya.

Dia menjelaskan terkait sistem seleksi masih sama seperti tahun lalu, yakni computer assisted test (CAT) dengan menggunakan alat bantu komputer untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal.

Pada tahapan seleksi, lanjutnya, difasilitasi oleh BKN dengan beberapa materi mulai dari manajerial, sosial kultural, dan wawancara.

Meskipun sudah ada gambaran teknis seleksi CASN 2024, kata Dinansyah, Pemprov Kalsel masih menunggu arahan selanjutnya dari Kemenpan RB dan BKN terkait dengan teknis pelaksanaan seleksi secara lengkap.

“Regulasi penerimaan CASN setiap tahun biasanya berubah tergantung kondisi dan kebutuhan daerah, nanti yang menentukan semuanya dari pusat,” ujar dia pula.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024